HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PENDERITA, DURASI PENYAKIT, KETERATURAN PERIKSA, DAN KADAR GULA DARAH DENGAN KELUHAN SUBYEKTIF PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2

NUR LAILATUL LATHIFAH, 101311133235 (2017) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PENDERITA, DURASI PENYAKIT, KETERATURAN PERIKSA, DAN KADAR GULA DARAH DENGAN KELUHAN SUBYEKTIF PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 263-17 Lat h - abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 263-17 Lat h - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (568kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes melitus biasa disebut dengan the silent killer karena penyakit ini dapat mengenai semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan. keluhan pada penderita diabetes melitus disebabkan oleh banyak hal diantaranya karakteristik individu meliputi jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, pendapatan, jumlah anggota keluarga, riwayat penyakit dan dapat dipengaruhi juga dengan faktor penanganan yang meliputi diit, aktivitas fisik, terapi obat, dan pemantauan glukosa darah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara karakteristik penderita, durasi penyakit, keteraturan periksa, dan kadar gula darah dengan keluhan subyektif pada penderita diabetes melitus tipe 2. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik, menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian sebesar 50 orang, diambil secara acak menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data meliputi karakteristik penderita, durasi penyakit, keteraturan periksa, dan kadar gula darah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistic Chi Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang berhubungan dengan keluhan subyektif penderita diabetes melitus tipe 2 adalah karakteristik penderita yaitu umur (p=0,000),jenis kelamin (p=0,001), pendidikan (p=0,001), durasi penyakit (p=0,049), keteraturan periksa (p=0,007), dan kadar gula darah (p=0,004). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara karakteristik penderita, durasi penyakit, keteraturan periksa, dan kadar gula darah dengan keluhan subjektif pada penderita diabetes melitus tipe 2. Saran yang dapat diberikan pada penderita diabetes melitus tipe 2 adalah agar teratur dalam periksa kadar gula darah sehingga terhindar dari keluhan subyektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 263-17 Lat h
Uncontrolled Keywords: diabetes melitus tipe 2, durasi penyakit, kadar gula darah, keluhan subyektif
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NUR LAILATUL LATHIFAH, 101311133235UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Atoillah Isfandiari, ,dr.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2017 22:52
Last Modified: 10 Dec 2017 22:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62138
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item