REKONSTRUKSI CITRA USG THREE-DIMENSIONAL (3D) MENGGUNAKAN TEKNIK SCANNING ARRAY DARI CITRA USG TWO-DIMENSIONAL (2D)

ANTAROSA HADAR CHANIAGO, 081311733055 (2017) REKONSTRUKSI CITRA USG THREE-DIMENSIONAL (3D) MENGGUNAKAN TEKNIK SCANNING ARRAY DARI CITRA USG TWO-DIMENSIONAL (2D). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST T 05-17 Cha r Abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST T 05-17 Cha r Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di rumah sakit Indonesia masih banyak belum menjangkau teknologi ultrasonografi (USG) 3D karena harganya relatif mahal. USG merupakan operator dependent yang artinya hasil pemeriksaan USG sangat tergantung pada kemampuan dan keterampilan operator dalam pemeriksaan. Berdasarkan beberapa fakta yang didapatkan dari literatur, menjadi dasar bagi penulis untuk melakukan penelitian berjudul “Rekonstruksi Citra USG Three-Dimensional (3D) Menggunakan Teknik Scanning Array Dari Citra USG Two-Dimensional (2D).” Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan gambar penampang 2D dalam setiap orientasi tanpa batasan, sebagai perangkat lunak (software) yang dapat mengatasi keterbatasan USG 2D dalam bentuk 3D tanpa mengubah karakteristik dari gambar 2D. Pengambilan data berasal dari citra rekam medis gallbladder pasien. Data citra USG 2D yang telah dibaca diubah menjadi grayscale dan akan diambil bagian region of interest, lalu dilakukan Intensity-Based Automatic Image Registration, Thresholding, filtering, dan divisualisasi 3D Surface. Aplikasi ini hanya dapat menyajikan/menampilkan hasil rekonstruksi objek 3D dari kumpulan gambar fisiologis 2D gallbladder. Perangkat software Rekonstruksi Citra USG Three- Dimensional (3D) Menggunakan Teknik Scanning Array Dari Citra USG Two- Dimensional (2D) yaitu Trid2, dapat dimaanfaatkan sebagai teknologi modern dalam melakukan pemantauan kondisi gallbladder tanpa efek samping dengan harga yang relatif murah dibandingkan modalitas lainnya. Hasil yang didapatkan adalah gambar 3D gallbladder pasien yang sudah direkonstruksi dan kualitas citra telah diperbaiki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.05/17 cha r
Uncontrolled Keywords: Gallbladder, Grayscale, Region of interest, Intensity-Based Automatic Image Registration, Thresholding, Filtering, 3D Surface
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
ANTAROSA HADAR CHANIAGO, 081311733055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRiries R, Dr., S.T., MT.UNSPECIFIED
Thesis advisorKhusnul Ain, Dr., S.T, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 10 Dec 2017 18:38
Last Modified: 10 Dec 2017 18:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62292
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item