DIGITALISASI RESIDUAL CURRENT DEVICE (RCD) BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNTUK PENGUKURAN ARUS BOCOR PADA ALAT KESEHATAN

DAMAIRIA ANUGERAH, 081311733030 (2017) DIGITALISASI RESIDUAL CURRENT DEVICE (RCD) BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNTUK PENGUKURAN ARUS BOCOR PADA ALAT KESEHATAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST T 11-17 Anu d Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST T 11-17 Anu d Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Residual Current Device (RCD) merupakan safety device untuk mencegah terjadinyaarus bocor. Arus bocor yang mengalir ke tubuh manusia disebut sebagai peristiwaa electrocution, dapat menyebabkan cedera, gagal jantung, dan kematian seketika. Komponen utama dari RCD sendiri adalah toroida yang dapat mendeteksi apabila terjadi kebocoran arus. Penelitian ini bertujuan untuk membangun digital RCD berbasis mikrokontroler yang dapat mengukur besarnya arus bocor yang terjadi pada instrumen medis dan juga untuk mengetahui kinerja dari RCD itu sendiri. Untuk mendapatkan nilai arus, penelitian ini memanfaatkan tegangan keluaran dari sensing coil toroida RCD yang kemudian melewati rangkaian pengkondisi sinyal sehingga tegangan tersebut dapat dibaca oleh Arduino. Nilai tegangan yang dibaca Arduino adalah nilai yang digunakan untuk dikonversi menjadi nilai arus melalui pemrograman mikrokontroler. Nilai arus ini nantinya akan ditampilkan menggunakan LCD (Liquid Crystal Display). Perangkat digital RCD dikalibrasi menggunakan multimeter digital dan kemudian data hasil pengukuran dibandingkan dengan kalibrator. Berdasarkan penelitian ini, didapatkan nilai error pada kondisi arus bocor sebesar 9,54%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.11/17 Anu d
Uncontrolled Keywords: Residual Current Device (RCD), Arus Bocor, Electrocution, Arduino
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
DAMAIRIA ANUGERAH, 081311733030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKhusnul Ain, Dr., S.T, M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorErwin Sutanto, S.T, M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 10 Dec 2017 19:10
Last Modified: 10 Dec 2017 19:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62307
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item