PERTUMBUHAN Mycobacterium leprae DALAM Acanthamoeba sp.S-11 YANG DICO-CULTURE PADA MEDIA PAGE’S MODIFIED NEFF’ AMOEBA SALINE (PAS) DAN PEPTONE YEAST GLUCOSE (PYG)

SEPLING PALING, 081424153006 (2017) PERTUMBUHAN Mycobacterium leprae DALAM Acanthamoeba sp.S-11 YANG DICO-CULTURE PADA MEDIA PAGE’S MODIFIED NEFF’ AMOEBA SALINE (PAS) DAN PEPTONE YEAST GLUCOSE (PYG). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS SEPLING .compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Acanthamoeba merupakan salah satu genus dari Protozoa yang berpotensi sebagai agen transmisi bakteri Mycobacterium leprae penyebab penyakit kusta. Acanthamoeba dapat melakukan fagositosis pada semua mikroorganisme yang ada disekitarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengamati pertumbuhan M. leprae dalam sel Acanthamoeba sp.S-11. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan menggunakan rancangan faktorial. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik non parametrik melalui uji Kruskal Wallis dan Mann-Whitney dengan taraf signifikansi 5% (p=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masa inkubasi dan berbagai konsentrasi PYG berpengaruh terhadap adaptasi bentuk Acanthamoeba sp.S-11. Aktivitas fagositosis dan daya fagositosis terbaik dengan menggunakan media 100% PAS dengan waktu infeksi 6 jam. Berdasarkan hasil pemeriksaan Real Time PCR (qPCR) diketahui bahwa sel Acanthamoeba sp.S-11 tidak dapat mendukung pertumbuhan M. leprae secara intraseluler namun dapat menjaga eksistensi M. leprae secara intraseluler sehingga Acanthamoeba sp. menjadi salah satu agen yang paling berpotensi sebagai reservoir dan atau host bagi M. leprae yang terbuang ke lingkungan. Dengan demikian, besar dugaan bahwa Acanthamoeba sp. memiliki peranan penting dalam transmisi M. leprae di daerah endemis kusta. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui mekanisme yang dilakukan oleh M. leprae dalam mencegah fusi fagolisosom Acanthamoeba sp.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TB 32/17 Pal p
Uncontrolled Keywords: Acanthamoeba sp., Kusta, Mycobacterium leprae, PAS, PYG
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi (S2)
Creators:
CreatorsNIM
SEPLING PALING, 081424153006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi’matuzahroh, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2017 17:15
Last Modified: 03 Oct 2017 17:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62404
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item