HUBUNGAN PAPARAN KRONIS GAS CO DENGAN COHb DARAH, TEKANAN DARAH, DAN KELUHAN KESEHATAN PEKERJA BASEMENT PUSAT PERBELANJAAN X KOTA MALANG

MAHDA KHAIRINA, 101311133171 (2017) HUBUNGAN PAPARAN KRONIS GAS CO DENGAN COHb DARAH, TEKANAN DARAH, DAN KELUHAN KESEHATAN PEKERJA BASEMENT PUSAT PERBELANJAAN X KOTA MALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 270-17 Kha h - abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 270-17 Kha h - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karbon monoksida (CO) merupakan gas yang beracun bagi manusia. Sumber gas CO salah satunya dari asap buang kendaraan bermotor. Basement merupakan salah satu tempat yang menjadi sumber gas CO dari kendaraan yang berada di tempat parkir. Gas CO yang terhirup masuk ke dalam tubuh manusia dapat meningkatkan kadar karboksihemoglobin (COHb). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan paparan kronis gas CO dengan COHb darah, tekanan darah, dan keluhan kesehatan pekerja basement pusat perbelanjaan X. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode observasional deskriptif dengan desain cross sectional study. Subjek penelitian berjumlah 14 orang pekerja basement yang merupakan petugas parkir, Pengumpulan data meliputi pengujian kadar CO udara dan pengujian sampel darah, pengukuran tekanan darah serta wawancara dengan responden. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kadar CO udara dan kadar COHb darah. Sedangkan variable terikat yaitu tekanan darah dan keluhan kesehatan yang dialami responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gas CO udara basement dibawah NAB. Sebanyak 97,9% responden memiliki kadar COHb >5% dan sebanyak 64,3% responden memiliki tekanan darah tinggi. Kadar CO udara memiliki hubungan yang kuat dengan COHb darah. Kadar COHb darah memiliki hubungan yang kuat dengan tekanan darah (r = 0,68). Keluhan terbanyak yang dirasakan oleh responden adalah pusing dan mudah lelah, dan hanya kedua keluhan tersebut yang memiliki hubungan yang kuat dengan COHb darah. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat hubungan antara kadar CO udara, COHb darah, dan tekanan darah. Semakin tinggi kadar CO udara maka kadar COHb darah juga tinggi. Semakin tinggi kadar COHb darah maka semakin tinggi tekanan darah. Saran bagi pekerja basement diharapkan mengurangi intensitas merokok yang mana rokok juga mengandung gas CO didalamnya. Pihak perusahaan juga diharapkan menambah exhaust fan dan melakukan pemeriksaan CO dan COHb secara berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 270-17 Kha h
Uncontrolled Keywords: Paparan Kronis CO, kadar COHb darah, tekanan darah, keluhan kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MAHDA KHAIRINA, 101311133171UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJ. Mukono, Prof. Dr., dr., M.S., M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 22:33
Last Modified: 11 Dec 2017 22:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62410
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item