PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG KEDELAI, TEPUNG BEKATUL DAN TEPUNG RUMPUT LAUT (Gracilaria sp) TERHADAP DAYA TERIMA, NILAI GIZI, DAN NILAI EKONOMI BROWNIES BAR SEBAGAI SNACK ALTERNATIF UNTUK MENCEGAH ANEMIA PADA WUS OVO VEGETARIAN

RAHMASUCI FIBRIAFI, 101311233036 (2017) PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG KEDELAI, TEPUNG BEKATUL DAN TEPUNG RUMPUT LAUT (Gracilaria sp) TERHADAP DAYA TERIMA, NILAI GIZI, DAN NILAI EKONOMI BROWNIES BAR SEBAGAI SNACK ALTERNATIF UNTUK MENCEGAH ANEMIA PADA WUS OVO VEGETARIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 279-17 Fib p - abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 279-17 Fib p - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tepung kedelai, tepung bekatul dan tepung rumput laut (Gracilaria sp) termasuk beberapa bahan makanan yang merupakan sumber protein, zat besi dan vitamin B12 dengan kandungan yang cukup tinggi sehingga berpotensi menjadi bahan yang dapat dikembangkan menjadi produk brownies bar sebagai salah satu snack alternatif untuk mencegah anemia pada Wanita Usia Subur (WUS) dengan pola makan ovo vegetarian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh substitusi tepung kedelai, tepung bekatul dan tepung rumput laut (Gracilaria sp) terhadap daya terima, nilai gizi dan nilai ekonomi brownies bar. Penelitian ini merpakan eksperimental murni (True Experimental Research) dengan rancang bangun penelitian rancang acak lengkap (RAL) dengan enam kali pengulangan (replikasi) pada setiap formula. Panelis tidak terlatih yaitu 25 Wanita Usia Subur (WUS) dengan pola makan ovo vegetarian. Analisis uji perbedaan daya terima pada panelis tidak terlatih dilakukan dengan menggunakan Friedman Test. Berdasarkan hasil uji daya terima, formula brownies bar modifikasi yang mendapatkan penilaian terbaik adalah formula modifikasi F4 (tepung terigu 37,5 g, tepung kedelai 22,5 g, tepung bekatul 75 g, dan tepung rumput laut (Gracilaria sp) 15 g) dengan nilai rata-rata tertinggi pada karakteristik warna (2,76) dan karakteristik aroma (2,6). Kandungan protein, zat besi dan vitamin B12 pada formula modifikasi F4 sebesar 5,46 gram, 3,6 mg dan 0,23 μg. Hasil uji Friedman Test menunjukkan tidak terdapat perbedaan karakteristik warna, aroma dan tekstur pada formula kontrol (F0) dan formula modifikasi (F2, F3, F4), dan terdapat perbedaan pada karakteristik rasa yang selanjutnya dilanjutkan dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test yang menunjukkan hasil adanya perbedaan yang signifikan antara formula F0 dan F2, F0 dan F3, F0 dan F4 sehingga dapat diasumsikan bahwa formula hasil modifikasi substitusi tepung kedelai, tepung bekatul dan tepung rumput laut (Gracilaria sp) mendapatkan daya terima yang baik oleh panelis. Formula modifikasi dengan protein tertinggi adalah F3 (6,74g/100g), zat besi tertinggi tertinggi adalah F4 (3,6mg/100g) dan vitamin B12 tertinggi adalah F2 (0,3μg/100g). Nilai ekonomi pada harga food cost tertinggi dan terendah adalah F4 (Rp.2.155,00) dan F2 (Rp.2.280,00). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah formula optimasi yang diperoleh dengan mempertimbangkan penilaian daya terima, nilai gizi dan nilai ekonomi terbaik adalah formula F4. Sehingga layak sebagai snack alternatif untuk mencegah anemia pada Wanita Usia Subur (WUS) ovo vegetarian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 279-17 Fib p
Uncontrolled Keywords: tepung kedelai, tepung bekatul, tepung rumput laut (Gracilaria sp).
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RAHMASUCI FIBRIAFI, 101311233036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnnis Catur Adi, Dr. , Ir., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 22:55
Last Modified: 11 Dec 2017 22:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62424
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item