PEMBIAYAAN PEMILIKAN RUMAH SYARIAH NON BANK OLEH DEVELOPER PROPERTI SYARIAH (Studi Kasus DeGriyaLand Property Sharia di Surabaya)

HANNA AYU PUSPITASARI, S.H., 031514253012 (2017) PEMBIAYAAN PEMILIKAN RUMAH SYARIAH NON BANK OLEH DEVELOPER PROPERTI SYARIAH (Studi Kasus DeGriyaLand Property Sharia di Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (full text)
COVER HANNA.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah Non Bank Melalui Developer Properti Syariah (Studi Kasus DeGriyaLand Properti Syariah Surabaya)” dengan dua pokok permasalahn yaitu: (1) karakteristik pembiayaan pemilikan rumah syariah oleh Developer Properti Syariah, (2) penyelesaian sengketa yang dilakukan bilamana terjadi cidera janji oleh para pihak. Dalam penelitian hukum ini, merupakan penelitian yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan studi kasus (case study). Hasil dari penelitian tesis ini menunjukkan bahwa pembiayaan pemilikan rumah melalui Developer Properti Syariah ini dibingkai dalam suatu akad istishna. Dalam kegiatan pembiayaannya, Developer Properti Syariah tidak melibatkan peran Bank dan memberlakukan skema tanpa riba, tanpa denda, tanpa sita dengan tujuan menerpakan sistem pembiayaan berdasarkan prinsip syariah yang lebih menyeluruh. Skema tersebut dapat berisiko memunculkan celah hukum bagi konsumen yang beritikad buruk yang dapat merugikan usaha Developer itu sendiri jika tidak di antisipasi. Penerapan prinsip kehati-hatian dalam menilai calon konsumen dan pemberlakuan adanya jaminan dapat dijadikan sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah. Saat benarbenar terjadi cidera janji, maka Developer dapat memilih menyelesaikan permasalahan melalui mediasi, arbitrase atau melalui litigasi tergantung dari kesepakatan yang telah disepakati.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 66/17 Pus p
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Pemilikan Rumah, Developer Properti Syariah, Penyelesaian Sengketa
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
HANNA AYU PUSPITASARI, S.H., 031514253012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbd. Shomad, Prof. Dr. Drs., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2017 22:04
Last Modified: 03 Oct 2017 22:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62513
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item