EVALUASI KESUKSESAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA UNIT FARMASI DENGAN PENDEKATAN HUMAN, ORGANIZATION AND TECHNOLOGY-FIT (HOT-FIT)

AHMADI SOFFI SAPUTRA, 081016080 (2016) EVALUASI KESUKSESAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA UNIT FARMASI DENGAN PENDEKATAN HUMAN, ORGANIZATION AND TECHNOLOGY-FIT (HOT-FIT). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.07.17 . Sap.e - ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.07.17 . Sap.e - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) memiliki Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) khususnyan berupa sistem pelayanan dan perbekalan pada unit farmasi untuk membantu perencanaan obat, pengadaan, billing obat, logistik, pendistribusian obat per unit, penghapusan, monitoring dan evaluasi. SIMRS RSUA unit farmasi mulai diimplementasikan di semua unit pada tahun 2015, sehingga sangat perlu dilakukan evaluasi agar aplikasi ini dapat digunakan secara efektif di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan penerapan SIMRS. Model yang digunakan untuk mengetahui kesuksesan penerapan sistem adalah model Human, Organization and Technology FIT (HOT-FIT) dengan delapan variabel, yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan sistem, kepuasan pengguna, struktur organisasi, lingkungan organisasi dan net benefit. Dalam penelitian ini dilakukan penyebaran kuesioner dengan target responden adalah pengguna sistem manajemen rumah sakit Universitas Airlangga unit farmasi, yaitu sebanyak 30 responden. Kuesioner yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan Partial Least Square yang meliputi evaluasi model pengukuran, evaluasi model struktural, dan uji goodness of fit (gof) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.2.3. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya 4 hipotesis yang signifikan dan ada 11 hipotesis yang tidak signifikan. Hubungan yang signifikan antara kualitas sistem terhadap penggunaan sistem, kualitas sistem terhadap struktur organisasi, kualitas layanan terhadap struktur organisasi, kualitas informasi terhadap struktur organisasi. Rekomendasi saran yang diajukan untuk meningkatkan kesuksesan penerapan SIMRS Unit Farmasi berupa perbaikan kualitas sistem guna memperbaiki kualitas informasi yang dirasa kurang baik dan peningkatan peran perusahaan terhadap implementasi SIMRS tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.07/17 Sap e
Uncontrolled Keywords: SIMRS Unit Farmasi, HOT-FIT, Partial Least Square, SmartPLS.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
AHMADI SOFFI SAPUTRA, 081016080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTaufik, ST., M.Kom.UNSPECIFIED
Thesis advisorRini Semiati, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:16
Last Modified: 27 Dec 2017 16:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62595
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item