RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENCARIAN RUTE TERPENDEK PENGIRIMAN BARANG PADA PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI SURABAYA MENGGUNAKAN METODE SIMULATED ANNEALING

ISTIHAMIN FITRIYAH, 081211632004 (2016) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENCARIAN RUTE TERPENDEK PENGIRIMAN BARANG PADA PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI SURABAYA MENGGUNAKAN METODE SIMULATED ANNEALING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.18.17 . Fit.r - ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.18.17 . Fit.r - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seluruh perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang memiliki proses bisnis logistik di dalamnya. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pengiriman barang adalah PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Untuk saat ini, pemilihan rute pengiriman barang oleh kurir PT JNE masih dilakukan secara manual. Tentu hal ini cukup menyita waktu dan tenaga mengingat jumlah barang yang dikirim mencapai ratusan alamat dalam sekali pengiriman. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem pendukung keputusan dalam pencarian rute terpendek pengiriman barang pada PT JNE di Surabaya menggunakan metode simulated annealing. Tahapan dalam membangun sistem pendukung keputusan ini adalah pengumpulan data serta pengolahan data dan informasi. Pegumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan studi literatur. Data yang telah diolah digunakan untuk menentukan nilai parameter, perancangan proses algoritma simulated annealing dan perancangan sistem. Pembangunan sistem pendukung keputusan pencarian rute terpendek pada PT JNE dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Android dengan tools Eclipse. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Black Box Testing dan percobaan berulang terhadap kombinasi nilai tiga parameter utama (suhu awal, reduction factor, dan siklus) dengan nilai yang berbeda disetiap percobaan. Evaluasi sistem dilakukan menggunakan alat bantu berupa kuesioner. Dari evaluasi sistem dengan menggunakan hasil kuesioner menunjukkan bahwa sistem dapat digunakan dengan mudah (user friendly) dengan prosentase sebesar 77,23%. Hasil akhir dari perhitungan pada sistem ini menghasilkan nilai parameter suhu =50000, iterasi 10000 dan reduction factor =0,8.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.18/17 Fit r
Uncontrolled Keywords: rute terpendek, simulated annealing, sistem pendukung keputusan.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ISTIHAMIN FITRIYAH, 081211632004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Kartono, Drs., M.Kom.UNSPECIFIED
Thesis advisorPurbandini, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:14
Last Modified: 27 Dec 2017 17:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62612
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item