RANCANG BANGUN SISTEM OPTIMASI JALUR DISTRIBUSI KORAN DENGAN METODE ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATIO ( ACO ) (STUDI KASUS JAWA POS SURABAYA)

ADITYA PRAKOSO, 081016006 (2016) RANCANG BANGUN SISTEM OPTIMASI JALUR DISTRIBUSI KORAN DENGAN METODE ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATIO ( ACO ) (STUDI KASUS JAWA POS SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.26.17 . Pra.r - ABSTRAK.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.26.17 . Pra.r - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

TSP ( Travelling Salesman Problem ) merupakan permasalahan yang sering terjadi pada perusahaan yang berkerja dalam bidang distribusi. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengoptimalisasi titik – titik yang ada atau lokasi yang ingin dikunjungi lebih dahulu. Dengan adanya sistem ini diharapkan perusahaan dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan dan pada sistem yang akan dibuat diharapkan dapat memantau perjalanan armada. Metode Ant Colony Optimization ( ACO ) digunakan dalam merancang bangun sistem pengoptimalisasian jalur distribusi koran dengan studi kasus koran Jawa Pos Surabaya. Dalam penelitian ini tahap pertama yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan data dengan cara observasi dan wawancara. Tahap kedua mengolah data dengan melakukan penginisialisasian parameter, menghitung jarak, penghitungan visibilitas, penentuan pheromone awal, perhitungan temporary, probabilitas dan penentuan jalur terpendek. Penelitian ini menghasilkan sistem monitoring dengan menggunakan metode ACO, dimana pada sistem akan menghasilkan 2 output yang membantu dalam melakukan distribusi yaitu panjang best tour 47.200 m dan juga output yang berisi informasi agen mana yang harus dikunjungi terlebih dahulu. Sehingga proses bisnis yang dilakukan dapat menghemat waktu dan biaya karena sistem bekerja dengan tepat dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.26/17 Pra r
Uncontrolled Keywords: Travelling Salesman Problem, Distribusi, Ant Colony Optimization, Optimisasi, Jalur Terpendek
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ADITYA PRAKOSO, 081016006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPurbandini, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Thesis advisorTaufik, S.T., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:17
Last Modified: 27 Dec 2017 17:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62631
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item