PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA MENGGUNAKAN INFORMATION ACCEPTANCE MODEL (IACM)

RIZQI SULISTIANTO, 081211633008 (2017) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA MENGGUNAKAN INFORMATION ACCEPTANCE MODEL (IACM). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.49.17 . Sul.p - ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.49.17 . Sul.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan berkembangnya internet di Indonesia, mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Media sosial merupakan salah satu platform electronic word of mouth (eWOM), yang memungkinkan setiap pengguna media sosial bertukar pendapat dan pengalaman tentang sebuah produk atau jasa dengan sesama pengguna sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (eWOM) di media sosial terhadap niat beli konsumen pada mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya menggunakan Information acceptance model (IACM). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 180 mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya yang menggunakan media sosial. Pengolahan data dilakukan menggunakan metode structural equation model (SEM) dengan dua tahap, yaitu measurement model atau confirmatory factor analysis (CFA) untuk menguji validitas suatu kontruk yang telah dibangun dan structural model, untuk melihat hubungan kausalitas dari berbagai konstruk dengan memperhatikan pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi informasi dan sikap terhadap informasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen. Kemudian untuk variabel kegunaan informasi, merupakan satusatunya faktor yang berpengaruh terhadap adopsi informasi. Sedangkan variabel kegunaan informasi, hanya dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu kualitas informasi , kebutuhan informasi dan sikap terhadap informasi. Namun ada satu faktor yang tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kegunaan informasi yaitu kredibilitas informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.49/17 Sul p
Uncontrolled Keywords: Confirmatory, electronic word of mouth, ewom, minat beli konsumen, media sosial, structural equation model, AMOS 22.0
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
RIZQI SULISTIANTO, 081211633008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndra Kharisma Raharjana, S.Kom., M.T.UNSPECIFIED
Thesis advisorDyah Herawatie, Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:26
Last Modified: 27 Dec 2017 17:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62689
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item