PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK DENGAN MENGGUNAKAN PERLAKUAN GANDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

NENIK FITRIYATUL UMMAH, 081311433074 (2017) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK DENGAN MENGGUNAKAN PERLAKUAN GANDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB.58.17 . Umm.p - ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB.58.17 . Umm.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik dengan menggunakan perlakuan ganda terhadap pertumbuhan dan produktivitas udang vaname (Litopenaeus vannamei). Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan rancangan faktorial 3x4 yaitu faktor perlakuan pemberian probiotik di air (0 mL/L, 1 mL/L, dan 2 mL/L) dan faktor perlakuan pemberian probiotik di pakan (0 mL/kg, 10 mL/kg, 20 mL/kg, dan 30 mL/kg) dengan 12 perlakuan dan lima kali ulangan. Bakteri probiotik yang digunakan adalah Bacillus subtilis, Bacillus megaterium, Bacillus licheniformis, Lactobacillus fermentum, Lactobacillus plantarum, Nitrobacter sp., dan Nitrosomonas sp.. Data pengamatan berupa pertambahan panjang dan bobot udang vaname. Data yang didapat selanjutnya dianalisis menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji Levene test. Hasil uji tersebut menunjukkan data normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji Two Way ANOVA (Analysis Of Varians) dengan derajat signifikansi 5%. Selanjutnya dilakukan uji Duncan untuk membandingkan beda antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik dengan menggunakan perlakuan di pakan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas udang vaname sedangkan pemberian probiotik dengan menggunakan perlakuan di air serta kombinasi perlakuan di air dan di pakan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas udang vaname. Hasil terbaik ditunjukkan pada pemberian probiotik dengan menggunakan perlakuan probiotik di pakan konsentrasi 10 mL/kg dengan rata-rata pertambahan panjang udang vaname sebesar 6.213 cm dan rata-rata pertambahan bobot udang vaname sebesar 3.100 g.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.58/17 Umm p
Uncontrolled Keywords: Perlakuan ganda, pertumbuhan, probiotik, produktivitas, udang vaname (Litopenaeus vannamei).
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
NENIK FITRIYATUL UMMAH, 081311433074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Supriyanto, Drs., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorSugiharto, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:39
Last Modified: 27 Dec 2017 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item