TEKNIK TRANSPLANTASI KARANG dengan METODE ROCK PILE di TAMAN NASIONAL KEPULAUAN SERIBU, DKI JAKARTA

INTAN RIZKI GUNAWAN, 141211133027 (2017) TEKNIK TRANSPLANTASI KARANG dengan METODE ROCK PILE di TAMAN NASIONAL KEPULAUAN SERIBU, DKI JAKARTA. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.99-17 Gun t ABSTRAK.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.99-17 Gun t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terumbu karang merupakan salah satu komponen utama sumberdaya pesisir dan laut yang penting. Perairan diekosistem ini banyak dimanfaatkan oleh organisme sebagai daerah penyedia makanan, daerah perkembangan, daerah asuhan, dan daerah perlindungan. Namun demikian, 31,17 % terumbu karang dalam kondisi rusak. Dengan adanya kondisi tersebut, maka perlu dilakukan pemulihan yaitu dengan cara transplantasi karang dengan metode rock pile. Tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui teknik transplantasi jenis karang dengan metode rock pile di Taman Nasional Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Selain itu, pada kegiatan PKL ini pula diharapkan dapat mengetahui kendala yang muncul pada transplantasi karang dengan metode rock pile. Metode ini dilakukan dengan mentransplantasi fragmen/anakan karang pada substrat alami karang mati dengan bantuan semen untuk menempelkan. Dari hasil sampel transplantasi karang didapatkan rata-rata pertumbuhan Acropora formosa selama adalah 7,8 cm/bulan. Permasalahan dalam kegiatan transplantasi yaitu adanya cuaca yang tidak menguntungkan sehingga menyebabkan substrat karang mati tergeser dan menyebabkan fragmentasi yang ditanam mati.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.99/17 Gun t
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH364 Sea otter
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
INTAN RIZKI GUNAWAN, 141211133027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSapto Andriyono, S.Pi., MT.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Oct 2017 22:44
Last Modified: 05 Oct 2017 22:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62856
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item