PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK PADA PAKAN DALAM BERBAGAI KONSENTRASI BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BANDENG (Chanos chanos)

WIDHO RATNAWATI, 081311433042 (2017) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK PADA PAKAN DALAM BERBAGAI KONSENTRASI BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BANDENG (Chanos chanos). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB.72.17 . Rat.p - ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB.72.17 . Rat.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik pada pakan dengan berbagai konsentrasi terhadap pertumbuhan dan nilai konversi pakan pada Chanos chanos (Ikan Bandeng). Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), dengan 10 kali pengulangan. Perlakuan yang digunakan terdiri dari kontrol 0 mL/kg pakan (K), probiotik 5 mL/kg (P1), probiotik 10 mL/kg (P2), probiotik 15 mL/kg (P3), dan probiotik 20 mL/kg (P4), yang diberikan pada ikan bandeng dengan interval pemberian dua kali seminggu. Probiotik yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas Bacillus subtilis, Bacillus licheniformis, Bacillus megaterium, Lactobacillus fermentum, Lactobacillus plantarum, Nitrobacter sp., dan Nitrosomonas sp. Pertumbuhan meliputi pertambahan berat dan panjang, yang diukur pada saat awal dan akhir penelitian. Nilai konversi pakan meliputi jumlah data penggunaan pakan harian selama pemeliharaan yang telah ditimbang setiap memberi pakan pada ikan. Data hasil pengamatan pertambahan berat diuji dengan Brown-Forsythe dan Games-Howell, sedangkan data pertambahan panjang diuji menggunakan uji Kruskal-Wallis pada taraf 0,05, diketahui ada pengaruh penambahan probiotik terhadap pertambahan berat ikan, namun tidak berpengaruh terhadap pertambahan panjang ikan. Konsentrasi terbaik pertambahan berat adalah P4 20 mL/kg pakan. Nilai konversi pakan diuji menggunakan rumus FCR (1987). Hasil menunjukkan bahwa nilai FCR terbaik adalah 1,174 pada perlakuan P4 (20 mL/kg pakan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.71/17 Rat p
Uncontrolled Keywords: probiotik, Chanos chanos, pertumbuhan berat, panjang, nilai konversi pakan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
WIDHO RATNAWATI, 081311433042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Supriyanto, Drs., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorFatimah, Dr., S.Si., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:44
Last Modified: 27 Dec 2017 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62886
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item