ADAPTASI MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DELONE DAN MCLEAN GUNA MENGUJI KESUKSESAN PENERAPAN ERP-SAP PADA MIDDLE-LEVEL MANAGEMENT(Studi Kasus Pada PT. Petrokimia Gresik)

SARA FADLILAH, 041311333196 (2017) ADAPTASI MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DELONE DAN MCLEAN GUNA MENGUJI KESUKSESAN PENERAPAN ERP-SAP PADA MIDDLE-LEVEL MANAGEMENT(Studi Kasus Pada PT. Petrokimia Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A-268 - 17 Fad a - Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
A-268 - 17 Fad a - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone & McLean. Sejak diperkenalkan pada tahun 1992, model ini telah banyak digunakan dan dievaluasi. Dalam penelitian ini model digunakan sebagai alat deskriptif dalam mengukur kesuksesan sistem ERP-SAP yang diterapkan pada PT. Petrokimia Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesuksesan penerapan sistem ERP-SAP pada PT. Petrokimia Gresik dengan mengadaptasi model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean pada tingkatan Middlelevel management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendeskripsikan kesuksesan implementasi ERP-SAP pada middle-level management di PT. Petrokimia Gresik. Keenam faktor kesuksesan DeLone dan McLean tersebut juga saling mempengaruhi. Hubungan dari keenam faktor tersebut juga menunjukkan dampak yang linier. Dari tiga variabel independen (kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas servis) terhadap penggunaan sistem dan kepuasan pengguna menunjukkan bahwa kualitas yang baik akan mendorong pengguna untuk lebih sering menggunakan sistem dalam pekerjaannya, hal tersebut juga dapat meningkatkan kepuasan pengguna terhadap sistem ERP-SAP yang nyatanya sesuai dengan ekspektasi mereka. Penggunaan yang kontinu dari sistem ERP-SAP dan kepuasan yang didapatkan dari penggunaan sistem ERP-SAP tersebut akhirnya berdampak pada kinerja pekerjaan (net benefits) para responden yang meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A-268 - 17 Fad a
Uncontrolled Keywords: kesuksesan sistem informasi, delone & mclean model, erp, sap, implementasi erp-sap, middle-level management
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
SARA FADLILAH, 041311333196UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorA. A. Gde Satia UtamaUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:08
Last Modified: 29 Dec 2017 02:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62976
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item