ERISKA YUDISTIRANI, 040610605 (2011) PENGARUH PERCEIVED DISSIMILARITY TERHADAP WORK GROUP INVOLVEMENT DENGAN OPENNESS TO DIVERSITY SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA BAGIAN PEMASARAN PT SEMEN GRESIK TBK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI LENGKAP - gdlhub-gdl-s1-2011-yudistiran-12693-b24610-p.pdf Download (166kB) |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-yudistiran-12693-b24610-p.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) | Request a copy |
Abstract
Peran pemasaran sangatlah penting untuk tetap mempromosikan, mendistribusikan, mencitrakan produk perusahaannya. Di bagian pemasaran PT Semen Gresik Tbk, terdiri dari kelompok-kelompok kerja yaitu penjualan, distribusi dan transportasi serta pengembangan pemasaran, dimana karyawan-karyawan di bagian ini diisi oleh individu yang beragam dari sisi usia, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerjanya. Oleh karena itu, perusahaan berusaha menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan pengembangan potensi dengan pemberdayaan setiap kemampuan dalam suatu kelompok kerja. Kelompok kerja yang terdiri dari individu-individu yang beragam diharapkan dapat menikmati atau merasa nyaman untuk terus berinteraksi dan bekerjasama sehingga mampu mencapai tujuan tim yang telah disepakati. Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini adalah untuk mengetahui perceived dissimilarity berdasarkan hubungan dan berdasarkan tugas terhadap work group involvement serta pengaruh perceived dissimilarity terhadap work group involvement bila terdapat variabel moderator yaitu openness to diversity. Dari analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 13.0 diperoleh pengaruh perceived dissimilarity (X) terhadap work group involvement (Y) yang kuat terlihat dari R2 di atas 50% yaitu sebesar 82,1% dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan pengaruh perceived dissimilarity (X) terhadap work group involvement (Y) melalui openness to diversity (Z) juga kuat dengan nilai R2 sebesar 88,8% dengan tingkat signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perceived dissimilarity dengan work group involvement pada karyawan bagian pemasaran PT Semen Gresik Tbk. Besarnya pengaruh perceived dissimilarity terhadap work group involvement lebih kuat jika dibandingkan dengan pengaruh perceived dissimilarity terhadap work group involvement melalui openness to diversity ditunjukkan dengan peningkatan R2 sebesar 6,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa openness to diversity memiliki pengaruh yang kuat dalam work group involvement karyawan bagian pemasaran PT Semen Gresik Tbk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 246/10 Yud p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | MARKETING MANAGEMENT | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:44 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/633 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |