ANIVA KARTIKA, 078811896
(1994)
HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN WAKTU DAN INTELEGENSI DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI ANGKATAN 1988-1991 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Prestasi akademik merupakan hasil yang dicapai seseorang dalam usaha belajarnya pada suatu saat. Prestasi akademik pada mahasiswa biasanya dinyatakan dalam bentuk indeks prestasi. Menurut suryabrata (1982) dari sinilah dapat dilihat terjadi atau tidaknya proses belajar dalam diri seseorang. Prestasi akademik yang ditunjukkan mahasiswa berbeda antara satu dengan yang lain. Perbedaan ini disebabkan oleh adanya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik yaitu antara lain intelegensi dan kemampuan mengelola waktu. Intelegensi merupakan salah satu faktor penting yang ikut menentukan berhasil tidaknya proses belajar seorang individu. Semakin tinggi taraf intelegensi seorang individu biasanya akan semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapainya. Pendapat-pendapat ini didukung oleh bukti-bukti dari berbagai penelitian tentang hubungan intelegensi dengan prestasi akademik mahasiswa, misalnya Kumara & Wirawan (1990) dan suparmi (1991). Selain itu, pengelolaan waktu juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yang baik. Gall, Longman & Atkinson serta Walter & Siebert dalam Macan (1990) menyatakan bahwa ketidakmampuan dalam mengatur waktu merupakan salah satu penyebab rendahnya prestasi akademik pada mahasiswa. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Macan (1990), Britton & Tesser (1991) dan Rukmi (1992) menunjukkan adanya korelasi positif antara pengelolaan waktu dengan prestasi akademik.
Actions (login required)
|
View Item |