IMPLEMENTASI INFLATION TARGETING FRAMEWORK PERBANDINGAN ANTARA INDONESIA DAN THAILAND

KRIZIA JANITRA ARDHANA NESWARI, 040911039 (2017) IMPLEMENTASI INFLATION TARGETING FRAMEWORK PERBANDINGAN ANTARA INDONESIA DAN THAILAND. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
C-129 - 17 Nes i - abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
C-129 - 17 Nes i - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penerapan inflation targeting framework dengan menggunakan variabel tingkat suku bunga, jumlah uang yang beredar, GDP, nilai tukar dan IHSG terhadap tingkat inflasi yang terjadi di Indonesia dan di Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data sekunder dengan diperoleh dari Badan Pusat Statistic, International Financial Statistic, dan Bank Indonesia. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis Vector Error Correction Model (VECM). Hasil analisis menjelaskan bahwa kondisi inflasi yang terjadi di Indonesia dipengaruhi secara signifikan oleh tingkat suku bunga, jumlah uang yang beredar, dan fluktuasi yang terjadi di IHSG. Sedangkan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika dan pertumbuhan GDP tidak berpengaruh signifikan terhadap inflasi. Kemudian di Thailand, diketahui bahwa dalam jangka pendek tingkat suku bunga, jumlah uang yang beredar, fluktuasi yang terjadi di IHSG nilai tukar baht thailand terhadap dollar Amerika dan pertumbuhan GDP tidak berpengaruh signifikan terhadap inflasi yang terjadi di Thailand.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C.129 - 17 Nes i
Uncontrolled Keywords: Vector Error Correction Model (VECM), inflasi, tingkat suku bunga, jumlah uang beredar (M1), pertumbuhan GDP, kurs rupiah/USD, dan Indeks Harga Saham Gabungan.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2351 Inflation and taxation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
KRIZIA JANITRA ARDHANA NESWARI, 040911039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjuk Kasturi sukiadi, Dr.H.,SEUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2018 22:49
Last Modified: 25 Jan 2018 22:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63521
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item