INTENSITAS TRANSPORTASI, URBANISASI, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN GAS EMISI CO2 DI INDONESIA

ALMARA S., 041211132103 (2017) INTENSITAS TRANSPORTASI, URBANISASI, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN GAS EMISI CO2 DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
C-131 - 17 Alm i - abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
C-131 - 17 Alm i - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring berkembangnya jaman, transportasi di Indonesia semakin diperlukan bagi semua kalangan. Keberadaan sebuah sarana transportasi dalam kehidupan manusia menjadi cukup signifikan karena sebagai penunjang kelancaran kehidupan. Salah satu transportasi yang perkembangannya semakin hari semakin pesat adalah transportasi darat. Di Indonesia industri kendaraan bermotor bukan merupakan alat transportasi bagi kalangan menengah ke atas lagi, akan tetapi dari berbagai kalangan dapat menggunakan alat transportasi tersebut, karena Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat gas emisi CO2, urbanisasi dan pertumbuhan ekonomi terhadap intensitas transportasi di Indonesia selama periode 1987-2015. Penelitian ini, variabel intensitas transportasi menggunakan ukuran tingkat penggunaan transportasi penumpang angkutan darat. Metode yang digunakan yaitu VECM (vector error correction model) untuk menguji pengaruh jangka panjang melalui uji kointegrasi Johansen, sedangkan perilaku dinamis jangka pendek diketahui dari hasil estimasi fungsi impulse response dan variance decomposition. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada estimasi model jangka panjang, variabel gas emisi CO2, urbanisasi dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap intensitas transportasi dengan arah positif. Hasil variance decomposition menunjukkan bahwa yang memiliki kontribusi terbesar terhadap intensitas transportasi adalah pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C.131 - 17 Alm i
Uncontrolled Keywords: Intensitas Transportasi, Urbanisasi, Gas Emisi CO2, Pertumbuhan Ekonomi, VECM, Kointegrasi, Impulse Response, Variance Decomposition.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE323-328 Transportation geography. Trade routes
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ALMARA S., 041211132103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Aini Hidayati, SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2018 22:59
Last Modified: 25 Jan 2018 22:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63527
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item