POTENSI CACING TANAH (Lumbricus rubellus) PADA PAKAN FORMULASI TERHADAP KANDUNGAN OMEGA 3 EPA DAN DHA DAGING IKAN SIDAT (Anguilla bicolor) STADIA FINGERLING

GIGIH BINTARA PUTRA, 141211133009 (2017) POTENSI CACING TANAH (Lumbricus rubellus) PADA PAKAN FORMULASI TERHADAP KANDUNGAN OMEGA 3 EPA DAN DHA DAGING IKAN SIDAT (Anguilla bicolor) STADIA FINGERLING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK BP 139-17 Put p-Abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK BP 139-17 Put p.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan sidat merupakan ikan konsumsi yang memiliki nilai ekonomis penting baik untuk pasar lokal maupun luar negeri. Sidat memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi komoditi perikanan unggulan karena permintaan dunia akan ikan sidat yang sangat tinggi. Pertumbuhan ikan sidat di alam relatif lambat. Faktor lambatnya laju pertumbuhan ini sangat ditentukan pada kualitas pakan yang diberikan, sehingga untuk memacu pertumbuhan ikan sidat perlu disediakan pakan berprotein hewani yang tinggi. Asam lemak omega 3 termasuk asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh ikan sidat. Asam lemak omega-3 salah satunya yaitu eicosapentaenoic acid (EPA) dan Dekosaheksaenoic acid (DHA). Omega-3 merupakan Asam Lemak Tak Jenuh Jamak (Poly Unsaturated Fatty Acid / PUFA) . Asam Lemak tak jenuh jamak (Poly Unsaturated Fatty Acid / PUFA) adalah asam lemak yang mengandung dua atau lebih ikatan rangkap. Sumber asupan asam lemak omega-3 dapat dihasilkan salah satunya dengan penambahan cacing tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Potensi Cacing Tanah (Lumbricus rubellus) Pada Pakan Formulasi Terhadap Kandungan Omega 3 (EPA dan DHA) Daging Ikan Sidat (Anguilla bicolor) Stadia Fingerling. Metode penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan perlakuan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan perbedaan dosis cacing tanah yang berbeda yaitu menggunakan P0 dengan dosis 0% cacing tanah, P1 25% cacing tanah, P2 50% cacing tanah, P3 75% cacing tanah dan P4 100% cacing tanah, kemudian dilakukan ulangan 4 kali. Parameter utama dalam penelitian ini kandungan EPA dan DHA pada daging ikan sidat. Parameter pendukung dalam penelitian ini yaitu laju pertumbuhan dan pengamatan kualitas air. Analisa data penelitian diolah menggunakan analysis of varian (ANOVA). Apabila didapatkan hasil adanya pengaruh yang nyata atau signifikan maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan (Duncan multiple range test). Hasil penelitian penggunaan cacing tanah pada pakan formulasi menunjukkan perbedaan yang nyata (p<0,05) terhadap kandungan EPA dan DHA pada daging ikan sidat. Kandungan EPA tertinggi terdapat pada perlakuan P0 cacing tanah 0% (1,24%) dan kandungan DHA tertinggi terdapat pada perlakuan P0 cacing tanah 0% (4,59%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KP BP 139-17 Put p
Uncontrolled Keywords: Earthworm (Lumbricus rubellus); Formulation Feed ; Omega 3 (EPA and DHA) Meat of Sidat (Anguilla bicolor) Stadia Fingerling.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
GIGIH BINTARA PUTRA, 141211133009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMirni Lamid, Prof. Dr., drh., MPUNSPECIFIED
Thesis advisorEndang Dewi Masithah, Dr., Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 11 Oct 2017 20:57
Last Modified: 11 Oct 2017 20:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63603
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item