PENGARUH PARTNER RELATIONSHIP MANAGEMENT (PRM) TERHADAP KINERJA AGEN(KASUS PT. PERTAMINA PATRA NIAGA DISTRIBUTION CHANNEL)

Alif Machyuzar, 041314353053 (2017) PENGARUH PARTNER RELATIONSHIP MANAGEMENT (PRM) TERHADAP KINERJA AGEN(KASUS PT. PERTAMINA PATRA NIAGA DISTRIBUTION CHANNEL). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (full text)
BAB 1-6 Alif Soft Copy.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

PT. Pertamina Patra Niaga (PPN) merupakan anak usaha PT. Pertamina (Persero), yang bergerak pada bidang logistic dan energy trading. Pada periode 2013 sampai dengan 2015, agen/penyalur PT. Pertamina Patra Niaga mampu memberikan kontribusi hingga lebih dari 75% pada penjualan BBM. Sehingga dapat dikatakan bahwa PT. Pertamina Patra Niaga bergantung terhadap pencapaian yang mampu diperoleh agen/penyalur. Namun dalam tiga tahun terakhir, hanya 30% agen/penyalur yang mampu mencapai target volume. Penurunan kinerja ini diduga disebabkan oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang diduga berpengaruh terhadap kinerja agen. Salah satu faktor yang berpengaruh yaitu Partner Relationship Management (PRM) antara PT. Pertamina Niaga dengan agen/penyalur. PRM dijelaskan ke dalam delapan variabel, yang dibagi menjadi relationship capability, fulfilment capability, relational communication, collaboration, environmental factor, trust, relationship commitment, dan satisfaction sebagai variabel independen sedangkan variabel dependen adalah kinerja agen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode survei yang disebarkan pada 40 agen di wilayah Kalimantan. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan metode SEM dengan pendekatan Partial Least Square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel relationship capability berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap trust serta relationship commitment dimana keduanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja agen. Kemudian, variabel fulfilment capability juga berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap relationship commitment serta satisfaction dimana keduanya berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kinerja agen. Variabel lain yaitu relational communication, collaboration dan environmental factor juga berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kinerja agen.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 56/17 Mac p
Uncontrolled Keywords: Agen, Partner Relationship Management (PRM), PT. Pertamina Patra Niaga, SEM-PLS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Alif Machyuzar, 041314353053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hartini, Dr. , SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2017 23:30
Last Modified: 11 Oct 2017 23:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63695
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item