HUBUNGAN ANTARA RASIO KOLESTEROL TOTAL/KOLESTEROL HIGH DENSITY LIPOPROTEIN DALAM DARAH DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA USIA LANJUT DI SURABAYA

Rahmadani Zulfitri, dr, NIM01121803603 (2017) HUBUNGAN ANTARA RASIO KOLESTEROL TOTAL/KOLESTEROL HIGH DENSITY LIPOPROTEIN DALAM DARAH DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA USIA LANJUT DI SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis_dr. Rahmadani Zulfitri.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Fungsi kognitif pada usia lanjut sangat berperan pada pola interaksi dengan anggota keluarga, lingkungan tempat tinggal, dan aktivitas sosial. Penurunan fungsi kognitif akan menjadi beban keluarga, lingkungan dan masyarakat. Faktor risiko yang potensial menyebabkan penurunan fungsi kognitif pada usia lanjut merupakan hal yang sangat penting. Salah satu biomarker untuk menentukan faktor risiko yang berhubungan dengan fungsi kognitif adalah rasio kolesterol total/ kolesterol HDL. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah rasio kolesterol total/ kolesterol HDL dalam darah yang abnormal akan menurunkan fungsi kognitif pada usia lanjut di Surabaya. Metode Penelitian ini dilakukan dengan rancangan cross sectional. Pengambilan subjek secara stratified random sampling sesuai kriteria inklusi dan eksklusi pada 3 komunitas usia lanjut di Surabaya. Pada subjek penelitian dilakukan penilaian fungsi kognitif dengan pemeriksaan MoCa-Ina, dan pengambilan darah puasa untuk pemeriksaan rasio kolesterol total/kolesterol HDL. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil Didapatkan 90 subjek penelitian yang terdiri dari 58 subjek dengan fungsi kognitif abnormal dan 32 subjek dengan fungsi kognitif normal. Pada subjek penelitian dengan kognitif abnormal terdapat 18 orang dengan rasio kolesterol total/kolesterol HDL abnormal (78,3%) dan 40 orang dengan rasio kolesterol total/kolesterol HDL normal (59,7%). Namun perbedaan tersebut tidak bermakna secara statistik dengan p = 0,086.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.Neu 10/17 Zul h
Uncontrolled Keywords: fungsi kognitif, rasio kolesterol total/kolesterol HDL, usia lanjut.
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Rahmadani Zulfitri, dr, NIM01121803603NIM01121803603
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRiani Wisnujono, dr.,Sp.SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2017 23:38
Last Modified: 11 Oct 2017 23:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63702
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item