UJI BEDA PENGUKURAN HOUNSFIELD UNIT OLEH PERANGKAT LUNAK RADIANT® DAN OSIRIX® TERHADAP INTUITION TERARECON® DI JARINGAN OTAK PADA PEMERIKSAAN COMPUTED TOMOGRAPHYSCAN KEPALA TANPA KONTRAS

Muhammad Novyan, NIM011218176303 (2017) UJI BEDA PENGUKURAN HOUNSFIELD UNIT OLEH PERANGKAT LUNAK RADIANT® DAN OSIRIX® TERHADAP INTUITION TERARECON® DI JARINGAN OTAK PADA PEMERIKSAAN COMPUTED TOMOGRAPHYSCAN KEPALA TANPA KONTRAS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (full text)
Penelitian Muhammad Novyan Radiologi 20162.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Pengukuran kuantitatif berupa Hounsfield Unit dari berbagai macam perangkat lunak khususnya pada jaringan otak, berhubungan dengan interpretasi diagnosis. Alat perangkat keras diagnostik canggih computerized tomography scan terkomputerisasi di RSUD dr Soetomo terhubung dengan sistem untuk mengolah data menggunakan perangkat lunak khusus tersertifikasi FDA dan berbayar yang menggunakan merk dagang iNtuition Terarecon®, namun dalam prakteknya sehari hari kita dapatkan penggunaan perangkat lunak yang terdaftar namun tidak tersertifikasi secara luas, bisa diakses dan diunduh secara gratis di internet, yang banyak dikenal seperti RadiaAnt® atau Osirix®lite. Namun belum ada penelitian di RSUD dr Soetomo yang menilai apakah pengukuran densitas pada jaringan otak antara perangkat lunak yang sering digunakan tersebut berbeda. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah perbedaan pengukuran densitas dengan skala Hounsfield Unit pada perangkat lunak terdaftar FDA (bermerk iNtuition Terarecon) dengan perangkat lunak tidak terdaftar di FDA (bermerk Osirix®lite, dan RadiAnt®) Metode dan Bahan: Sebanyak 20 data CT Scan kepala yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi selama periode Januari 2016 sampai Agustus 2016, kemudian scan tanpa kontras di analisis komparasinya secara statistik dengan bantuan SPSS 24. Hasil: Selisih densitas pengukuran pada 420 titik antara iNtuition Terarecon® dan Osirix®lite pada ganglia basalis kanan 0,68 HU, ganglia basalis kiri 0,93 HU, corona radiata kanan 0,14 HU, corona radiata kiri 0,31 HU, cornu anterior ventrikel lateralis kanan 0,09 HU, cornu anterior ventrikel lateralis kiri 0,42 HU, pons 0,55 HU . Dan iNtuition Terarecon® dan RadiAnt®, pada ganglia basalis kanan 0,37 HU, ganglia basalis kiri 1,02 HU, corona radiata kanan 0,22 HU, corona radiata kiri 0,01 HU, cornu anterior ventrikel lateralis kanan 0,57 HU, cornu anterior ventrikel lateralis kiri 0,32 HU, pons 0,55 HU. Data terdistribusi normal dan dibandingkan dengan uji komparasi independent t-test, two- tailed dengan interval kepercayaan 95% dan nilai signifikansi > 0,05. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara pengukuran Hounsfield Unit perangkat lunak iNtuition Terarecon dengan perangkat lunak Osirix®lite, dan RadiAnt® dalam mengukur densitas jaringan otak pada CT Scan kepala tanpa kontras.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.R.03/17 Nov u
Uncontrolled Keywords: Hounsfield Unit, iNtuition Terarecon®, Osirix®lite, RadiAnt®, CT Scan Kepala
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Novyan, NIM011218176303NIM011218176303
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTriyono KSP, Prof. Dr. dr., Sp.Rad (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2017 23:18
Last Modified: 16 Oct 2017 23:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64029
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item