ANALISIS PERAN AUDITOR INTERNAL DALAM PENDETEKSIAN DAN PENCEGAHAN FRAUD: PERSPEKTIF ROLE THEORY (Studi Kasus Pada Inspektorat Provinsi Jawa Timur)

ADE ARIZAL KURNIAWAN, 041424253032 (2017) ANALISIS PERAN AUDITOR INTERNAL DALAM PENDETEKSIAN DAN PENCEGAHAN FRAUD: PERSPEKTIF ROLE THEORY (Studi Kasus Pada Inspektorat Provinsi Jawa Timur). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (full text)
Ade Arizal Kurniawan (041424253032) - Tesis.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Pendeteksian dan pencegahan kecurangan merupakan salah satu fungsi assurance yang dikirim role senders kepada auditor internal (APIP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam mengenai peran auditor internal dalam mendeteksi dan mencegah kecurangan, dengan mengambil fokus auditor di Inspektorat Provinsi Jawa Timur. Analisa dilakukan dengan menggunakan role theory (teori peran) dalam penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif dan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan fungsional auditor dan pejabat struktural, yang didukung dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisa dari aspek-aspek yang ada pada teori peran menggambarkan adanya tekanan peran yang dihadapi oleh APIP yaitu ambiguitas peran dan kelebihan peran. Tekanan peran ini berpengaruh pada perilaku APIP dalam mendeteksi dan mencegah terjadinya kecurangan. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa tekanan peran bersumber dari kendala teknis yaitu kurangnya dukungan SDM auditor dan dukungan anggaran. Kendala struktural seperti dukungan kepala daerah serta aspek politik turut mempengaruhi peran APIP.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 04/17 Kur a
Uncontrolled Keywords: Kecurangan, Teori Peran, Ambiguitas Peran, Kelebihan Peran, Auditor Internal Pemerintah Daerah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ADE ARIZAL KURNIAWAN, 041424253032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAde Palupi, , SE., MPPM., Ph.D., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2017 18:30
Last Modified: 17 Oct 2017 18:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64088
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item