PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MELALUI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Analisis pada Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur)

HINDIRA WIDIASTRI, 041514253061 (2017) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MELALUI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Analisis pada Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS AN. HINDIRA WIDIASTRI.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja melalui sistem akuntansi manajemen sebagai variabel mediasi pada kantor pertanahan kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah para eselon IV di 39 Kantor Pertanahan Kabupaten atau Kota yang ada di Jawa Timur dimana terdapat 6 pejabat eselon IV pada masing-masing Kantor Pertanahan Kabupaten atau Kota yang ada di Jawa Timur. Sampel dalam penelitian sebanyak 113 responden yang diperoleh dengan cara menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang terbatas pada jenis orang tertentu dimana orang tersebut dapat memberikan informasi yang diinginkan karena mereka memiliki atau memenuhi kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu berupa kuesioner dan data sekunder berupa laporan mengenai realisasi kinerja. Penelitian ini menggunakan path analysis untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja, partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap sistem akuntansi manajemen, sistem akuntansi manajemen berpengaruh positif terhadap kinerja dan partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja melalui sistem akuntansi manajemen sebagai variabel mediasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 30/17 Wid p
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, karakteristik sistem akuntansi manajemen, kinerja manajerial
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HINDIRA WIDIASTRI, 041514253061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorZahroh Naimah,, Dr. SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2017 17:29
Last Modified: 18 Oct 2017 17:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64249
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item