DISHARMONI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PIUTANG PERPAJAKAN DENGAN PROSES BISNIS DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

FAUZI ISMAIL ARIF, 041514253062 (2017) DISHARMONI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PIUTANG PERPAJAKAN DENGAN PROSES BISNIS DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (full text)
FAUZI ISMAIL ARIF.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Penerimaan dan piutang Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan setiap tahun. Padahal DJBC selain bertugas mengamankan penerimaan negara, juga bertugas menjaga kelancaran arus barang. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplor keselarasan sistem informasi akuntansi dengan proses bisnis di DJBC. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Teknik analisis menggunakan pendekatan wawancara, observasi, dokumen, rekaman arsip dengan melihat dari aspek pengendalian input, proses, dan output. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketidakselarasan antara sistem informasi akuntansi penerimaan dan piutang dengan proses bisnis kepabeanan. Keduanya berjalan terpisah dimana sistem yang dibangun untuk keperluan akuntansi dan proses bisnis berbeda. CEISA sebagai sistem komputerisasi pelayanan, tidak terhubung dengan sistem penerimaan, sehingga diperlukan suatu proses lebih lanjut untuk menghasilkan laporan akuntansi. Selain itu, lamanya proses validasi penerimaan Sistem Akuntansi Umum mempersulit DJBC dalam meyakini validitas penerimaan yang tercatat dalam Sistem Akuntansi Instansi. Terkait piutang, seluruh penerbitan dokumen piutang belum melalui Sistem Aplikasi Piutang dan Pengembalian (SAPP). Selain itu, SAPP juga tidak dapat digunakan langsung sebagai laporan piutang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 49/17 Ari d
Uncontrolled Keywords: Bea Cukai, Billing, SAPP, Proses Bisnis, Kepabeanan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
FAUZI ISMAIL ARIF, 041514253062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDebby Ratna Daniel,, Dr. rer. pol. SE., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2017 22:27
Last Modified: 18 Oct 2017 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64290
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item