EFEK WAKTU INKUBASI PADA BASIS GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK DENGAN PENAMBAHAN NANO KITOSAN TERHADAP PERTUMBUHAN Candida albicans

SHAFIRA NOOR LATIFAH, 021311133160 (2016) EFEK WAKTU INKUBASI PADA BASIS GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK DENGAN PENAMBAHAN NANO KITOSAN TERHADAP PERTUMBUHAN Candida albicans. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 146-17 Lat e abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 146-17 Lat e fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Salah satu penyebab utama denture stomatitis adalah Candida albicans (C. albicans). Untuk menghindari hal ini, dokter gigi perlu memberikan bahan antijamur yang potensial dan tidak menimbulkan resistensi. Kitosan merupakan bahan alami yang berasal dari kitin, terkandung dalam cangkang Crustacea dan diteliti memiliki efek antijamur. Penelitian ini menggunakan kitosan dalam ukuran nano partikel untuk meningkatkan optimalisasi efektifitas kitosan sebagai antijamur dan memungkinkan untuk penggunaan jangka panjang. Tujuan: Mengetahui efek waktu inkubasi pada basis gigi tiruan resin akrilik dengan penambahan nano kitosan terhadap pertumbuhan C. albicans. Metode: Empat puluh dua sampel disk resin akrilik yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu 21 disk resin akrilik kelompok kontrol dengan resin akrilik murni dan 21 disk resin akrilik kelompok perlakuan dengan penambahan nano kitosan dibuat menggunakan teknik Injection Moulding. Masing-masing kelompok diinkubasi dalam suspensi C. albicans selama 24 jam, 48 jam, dan 72 jam, selanjutnya dikultur sebanyak 0.01 ml dalam Sabouroud Dextrose Agar (SDA) selama 2x24 jam, lalu dihitung jumlah koloni yang terbentuk dalam SDA dengan satuan CFU/ml. Hasil dianalisis dengan uji statistik multiple comparison test uji Post Hoc dan Tukey. Hasil: Tidak ada perbedaan yang signifikan (p>0.05) pada jumlah koloni C. albicans di setiap waktu inkubasi kelompok perlakuan bila dibandingkan dengan kelompok kontrol. Simpulan: Pertumbuhan C. albicans pada basis gigi tiruan resin akrilik dengan penambahan nano kitosan dalam waktu inkubasi 24 jam, 48 jam, dan 72 jam tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 146-17 Lat e
Uncontrolled Keywords: nano kitosan, resin akrilik, basis gigi tiruan, antijamur, c. albicans
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
SHAFIRA NOOR LATIFAH, 021311133160UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHanoem Eka H., drg., MS, Sp.Pros., (K).UNSPECIFIED
Thesis advisorMaretaningtias Dwi A, drg., M.Kes., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Oct 2017 17:03
Last Modified: 23 Oct 2017 17:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64492
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item