Tumbuh kembang anak, Startegi self-leadership, task commitment, kinerja bidan

HIKMAH YUSIDA, 101317087323 (2017) Tumbuh kembang anak, Startegi self-leadership, task commitment, kinerja bidan. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (full text)
DISERTASI HIKMAH YUSIDA.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (3MB)

Abstract

memiliki corak warna dan motif yang beragam yakni flora dan fauna. Proses pewarnaan kain sasirangan merupakan kegiatan dengan tingkat resiko tinggi dapat menyebabkan terjadinya nyaris cedera, kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kesadaran dan kepedulian terhadap K3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu Model Kepedulian Aktif untuk K3 bagi pekerja sektor informal industri sasirangan. Penelitian ini bersifat observasional, rancangan penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan Two Stage Sampling diperoleh 230 responden yang sesuai kriteria inklusi dari 50 industri sasirangan yang tersebar di Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. Data dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) berdasarkan covarians based data. Hasil temuan menunjukkan bahwa implementasi Pos UKK, peningkatan kualitas individual dan perbaikan lingkungan kerja fisik berpengaruh secara tidak langsung terhadap kepedulian aktif untuk K3 melalui penguatan pemberdayaan diri pekerja, peningkatan harga diri dan rasa memiliki terhadap sesama anggota kelompok kerja. Kesimpulannya adalah Model Kepedulian Aktif untuk K3 (Actively Caring for Occupational Health and Safety) sangat relevan dengan Program K3, solusi untuk menjawab permasalahan K3 dan pemberdayaan diri pekerja sektor informal. Rekomendasi kepada pekerja sektor informal industri sasirangan agar dapat meningkatkan perilaku sehat, kesadaran dan kepedulian untuk K3 dengan menggunakan alat pelindung diri secara benar untuk mencegah kejadian nyaris cedera dan penyakit akibat kerja. Pengusaha Sasirangan agar dapat meningkatkan perhatian terhadap kondisi pekerja dan mewujudkan lingkungan kerja yang indah dan aman. Petugas kesehatan agar meningkatkan layanan kesehatan kepada pekerja sektor informal secara prima dan seimbang antara promotif, preventif dan kuratif.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis IK 13/17 Yus m
Uncontrolled Keywords: Sektor Informal, Sasirangan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja,
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
HIKMAH YUSIDA, 101317087323UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjipto Suwandi, Prof. Dr. , dr., MOH., Sp.OKUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2017 18:55
Last Modified: 23 Oct 2017 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64536
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item