EKSPRESI TIMP-1 dan KOLAGEN TIPE I PADA PENYEMBUHAN LUKA MUKOSA MULUT SETELAH PEMBERIAN GEL EKSTRAK BATANG PISANG MAULI (Musa Acuminata) (studi in vivo pada tikus wistar)

I Wayan Arya Krishnawan Firdaus, 021314153018 (2017) EKSPRESI TIMP-1 dan KOLAGEN TIPE I PADA PENYEMBUHAN LUKA MUKOSA MULUT SETELAH PEMBERIAN GEL EKSTRAK BATANG PISANG MAULI (Musa Acuminata) (studi in vivo pada tikus wistar). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS I WAYAN ARYA K.F ... PERPUS EDIT.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Tindakan perawatan gigi dapat menimbulkan luka yang cukup luas di sekitar jaringan rongga mulut, hal ini menimbulkan rasa nyeri, gangguan pengunyahan, dan infeksi. Poses penyembuhan luka di mukosa mulut membutuhkan keseimbangan TIMP-1/MMP-1 dan kolagen tipe I. Gel ekstrak batang pisang mauli dapat mempercepat penyembuhan luka karena mengandung tanin, saponin dan flavanoid. Tujuan: untuk mengetahui ekspresi TIMP-1 dan kolagen tipe I pada penyembuhan luka insisi setelah pemberian gel ekstrak batang pisang mauli. Metode: 32 ekor tikus wistar dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan: Kelompok kontrol (K), Kelompok perlakuan 1 (P1) yang diberi gel ekstrak batang pisang mauli 25%, Kelompok perlakuan 2 (P2) yang diberi gel ekstrak batang pisang mauli 37,5%, Kelompok perlakuan 3 (P3) yang diberi gel ekstrak batang pisang mauli 50%. Pada hari ketiga dan kelima mukosa bukal tikus didekalsifikasi dan dibuat sediaan HPA menggunakan pengecatan Imunohistokimia (IHC). Sel yang mengekspresikan TIMP- 1 dan kolagen tipe I dihitung dibawah mikroskop cahaya dengan pembesaran 400x. Data penelitian dianalisis menggunakan uji statistik Kruskal Wallis dan Mann Whitney. Hasil: ekspresi TIMP-1 dan kolagen tipe I tertinggi pada pemberian gel ekstrak batang pisang mauli 37,5% pada hari ke-3 dan ke-5. Kesimpulan: Gel ekstrak batang pisang mauli konsentrasi 37,5% merupakan konsentrasi optimum sebagai bahan terapi untuk mempercepat penyembuhan luka serta terdapat korelasi antara peningkatan ekspresi TIMP-1 dengan kolagen tipe I pada hari ke-3 dan ke-5.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKG 16/17 Fir r
Uncontrolled Keywords: gel ekstrak batang pisang mauli, TIMP-1, Kolagen tipe I, penyembuhan luka
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
I Wayan Arya Krishnawan Firdaus, 021314153018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElly Munadziroh, Dr. , drg., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2017 22:48
Last Modified: 23 Oct 2017 22:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64624
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item