PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN ASURANSI UMUM SYARIAH DAN ASURANSI JIWA SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2014-2016

FITRIATI FATIMATUZZAHRA, 041311433174 (2017) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN ASURANSI UMUM SYARIAH DAN ASURANSI JIWA SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2014-2016. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FEB EI 105-17 Fat p Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 105-17 Fat p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan perusahaan asuransi umum syariah dan asuransi jiwa syariah dilihat dari perbedaan dalam segi karakteristik, mekanisme pengelolaan dana, serta jangka waktu. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan pada perusahaan asuransi umum syariah dan asuransi jiwa syariah di Indonesia periode 2014-2016. Pengukuran kinerja keuangan dengan menggunakan sembilan rasio keuangan Early Warning System, yaitu solvency margin ratio, rasio tingkat kecukupan dana, rasio beban klaim, rasio biaya manajemen, rasio pengembalian investasi, rasio likuiditas, agents’ balance to surplus ratio, rasio pertumbuhan premi, dan rasio cadangan teknis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan lima perusahaan asuransi umum syariah dan tujuh perusahaan asuransi jiwa syariah, kemudian dilakukan uji beda dengan menggunakan independent sample t-test dan mann-whitney test. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan asuransi umum syariah dan asuransi jiwa syariah tahun 2014-2016. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan asuransi umum syariah dan asuransi jiwa syariah pada rasio tingkat kecukupan dana, rasio likuiditas, dan agents balance to surplus ratio. Pada solvency margin ratio, rasio beban klaim, rasio biaya manajemen, rasio pengembalian investasi, rasio pertumbuhan premi, dan rasio cadangan teknis tidak menunjukkan perbedaan pada perusahaan asuransi umum syariah dan asuransi jiwa syariah. Namun, perusahaan asuransi jiwa syariah memiliki kinerja keuangan yang lebih baik dari asuransi umum syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB.EI.105/17 Fat p
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Early Warning System, Asuransi Umum Syariah, Asuransi Jiwa Syariah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
FITRIATI FATIMATUZZAHRA, 041311433174UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuji Sucia Sukmaningrum, SE., CIFP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Dec 2017 22:48
Last Modified: 19 Dec 2017 22:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64654
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item