ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI TRANSAKSI TABUNGAN EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH (STUDI KASUS PEGADAIAN SYARIAH BLAURAN SURABAYA)

ROSYIDA IRIANI, 041311433140 (2017) ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI TRANSAKSI TABUNGAN EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH (STUDI KASUS PEGADAIAN SYARIAH BLAURAN SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FEB EI 131-17 Iri a Abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 131-17 Iri a Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produk tabungan emas merupakan salah satu produk investasi emas pertama yang ada di Indonesia yang dikeluarkan oleh Pegadaian termasuk Pegadaian Syariah, sistem yang digunakan dalam produk tabungan emas ialah dengan menggunakan sistem beli titip emas, akad pada produk tabungan emas ialah menggunakan akad jual beli atau akad murabahah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi tabungan emas terutama dalam aspek pengakuan, pengukuran, pengungkapan dan penyajian, pada Pegadaian Syariah dengan studi kasus produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dengan metode wawancara dan pengambilan laporan keuangan pada website resmi PT.Pegadaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara tabungan emas pada Pegadaian Syariah dan Pegadaian konvensional termasuk pada perlakuan akuntansinya. Produk tabungan emas dalam praktiknya menggunakan akuntansi jual beli emas, jumlah penjualannya diakui sebagai penjualan emas, diukur sejumlah uang yang ditabung oleh nasabah dan harga emas hari ini (saat menabung), diungkapkan dalam Laporan Arus Kas dan disajikan sebagai penjualan Mulia. Persediaan emas diakui sebagai persediaan emas Mulia, diukur berdasarkan nilai terendah antara harga perolehan dan harga pasar. Persediaan tabungan emas diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan dan disajikan dalam laporan posisi keuangan sebagai persediaan. Persediaan dari tabungan emas masih tergabung dengan persediaan Mulia tidak diulas secara rinci sehingga sulit mengidentifikasi persediaan dari Mulia dan tabungan emas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB.EI.131/17 Iri a
Uncontrolled Keywords: Tabungan Emas, Perlakuan Akuntansi, Jual Beli Emas, Persediaan Emas.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
ROSYIDA IRIANI, 041311433140UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNoven Suprayogi, S.E., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 20 Dec 2017 18:21
Last Modified: 20 Dec 2017 18:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64725
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item