FAIZAL RAMADHAN ICHTIARDI, 041012189 (2017) PENGARUH KUALITAS TEKNIKAL, KUALITAS FUNGSIONAL DAN KUALITAS AESTETIKAL DAN PENETAPAN HARGA TIKET PADA KEPUASAN DAN NIAT BERKUNJUNG KEMBALI PENONTON HONDA DBL 2016 EAST JAVA SERIES NORTH REGION DI DBL ARENA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
B.303.17 . Ich.p - ABSTRAK.pdf Download (74kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
B.303.17 . Ich.p - SEC.pdf Restricted to Registered users only until 25 October 2020. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Semakin menjamurnya budaya olahraga di masyarakat, semakin banyak pula event atau kompetisi olahraga yang digelar. Namun di setiap event yang ada, para penyelenggara event olahraga masih belum memiliki cara untuk mengukur kepuasan penonton. Menjaga tingkat kehadiran penonton pada event olahraga sama sulitnya seperti menjaga aspek kualitas, seperti suasana dan jalannya pertandingan karena variabel tersebut sama-sama tidak bisa dikontrol oleh penyelenggara (Kennett, Sneath, & Henson, 2001). Maka dari itu, sangat penting untuk memahami dan mengelola persepsi penonton pada aspek kualitas pelayanan. Selain itu penyelenggara event olahraga juga harus bisa memahami bagaimana persepsi penonton ini mempengaruhi nilai, kepuasan dan niat berperilaku. Namun penelitian tentang persepsi penonton pada kualitas pelayanan event olahraga sangat jarang di Indonesia. Maka dari itu penelitian ini ditujukan untuk menambah pengetahuan pada bidang ini dengan mengidentifikasi persepsi penonton tentang kualitas layanan dan penetapan harga tiket pada event Honda DBL 2016 East Java Series North Region dan pengaruhnya pada kepuasan dan niat berperilaku. Penelitian ini dilakukan dengan desain survey. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner pada penonton Honda DBl 2016 East Java Series North Region di DBL Arena Surabaya. Total partisipan yang berpartisipasi dalam penelitian berjumlah 200 orang. Hasil jawaban responden dalam kuesioner selanjutnya direkap dan ditabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari variabel penampilan pemain, atmosfir pertandingan dan pengalaman penonton berpengaruh positif terhadap kepuasan penonton. Meningkatnya kepuasan penonton tersebut mempengaruhi niat berperilaku penonton untuk datang kembali di event DBL tahun depan. Penelitian ini menawarkan kontribusi untuk ilmu pengetahuan serta praktisi tentang bagaimana mengelola kepuasan penonton dengan melalui variabel yang bisa dikendalikan oleh penyelenggara event
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 B.303/17 Ich p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Services Marketing, service quality, service quality dimensions, satisfaction, spectator perceptions, spectator satisfactions | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Binkol1 1 | ||||||
Date Deposited: | 28 Dec 2017 18:40 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2018 19:23 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64809 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |