EFEK PEMBERIAN EKSTRAK BATANG BROTOWALI (Tinospora crispa) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH SEL LIMFOSIT PADA PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIKUS MUKOSA RONGGA MULUT TIKUS WISTAR DIABETES

FOO YAU JIT, 021311133169 (2016) EFEK PEMBERIAN EKSTRAK BATANG BROTOWALI (Tinospora crispa) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH SEL LIMFOSIT PADA PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIKUS MUKOSA RONGGA MULUT TIKUS WISTAR DIABETES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 152-17 Jit e abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 152-17 Jit e fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Salah satu komplikasi diabetes adalah adanya gangguan penyembuhan luka pada ulkus traumatikus oral. Dalam proses penyembuhan luka, sel limfosit memiliki peran terutama dalam fase inflamasi. Brotowali (Tinospora crispa) mengandung flavonoid dan terpenoid yang dapat membantu untuk mengontrol kadar glukosa darah dan mempercepat penyembuhan luka. Metode: Ekstrak batang Brotowali (Tinospora crispa) dikeringkan dengan menggunakan oven pada suhu 50°C, spesimen kering kemudian dibuat menjadi bubuk dan dimaserasi dengan etanol 80% (1:10 w/v). Hewan percobaan dibagi menjadi 3 kelompok, kelompok kontrol 1: Tikus Wistar yang normal dengan ulkus traumatikus, kelompok kontrol 2: Tikus Wistar diabetes dengan ulkus traumatikus, dan kelompok perlakuan: Tikus Wistar diabetes dengan ulkus traumatikus diberi perlakuan ekstrak batang Brotowali dosis 250 mg/kg sekali hari. Semua sampel dieutanasia pada hari ke-3, 5, dan 7 setelah ulkus traumatikus dibuat dan kemudian dibuat preparat histologi untuk menghitung jumlah sel limfosit. Pengukuran kadar glukosa darah dilakukan pada hari ke-3, 5, 7, dan 14 setelah ulkus traumatikus dibuat. Hasil: Uji Kruskal-Wallis menunjukkan perbedaan signifikan dari kadar glukosa darah antara kelompok kontrol 1, kelompok kontrol 2 dan kelompok perlakuan. Uji One-Way Anova menunjukkan perbedaan yang signifikan dari jumlah sel limfosit antara kelompok kontrol 1, kelompok kontrol 2 dan kelompok perlakuan. Kesimpulan: Ekstrak batang Brotowali (Tinospora crispa) terbukti dapat mempengaruhi kadar glukosa darah pada hari ke-3, 5, 7, dan 14 serta jumlah sel limfosit pada penyembuhan ulkus traumatikus tikus Wistar diabetes pada hari ke-3, 5, dan 7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 152-17 Jit e.
Uncontrolled Keywords: Diabetes, ulkus traumatikus, brotowali, sel limfosit, penyembuhan luka
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
FOO YAU JIT, 021311133169UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIra Arundina, Dr., drg., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorIndeswati Diyatri, Dr., drg., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Oct 2017 15:50
Last Modified: 29 Oct 2017 15:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64977
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item