Perbandingan Efektivitas Antara Penggunaan Video Laryngoscope Modifikasi Anestesi, Video Laryngoscope C-MAC dan Direct Laryngoscope Macintosh Pada Intubasi Rutin Pasien Elektif di RSUD dr.Soetomo

Romy Media Irianto (2017) Perbandingan Efektivitas Antara Penggunaan Video Laryngoscope Modifikasi Anestesi, Video Laryngoscope C-MAC dan Direct Laryngoscope Macintosh Pada Intubasi Rutin Pasien Elektif di RSUD dr.Soetomo. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
PPDS.AR. 12-17 Iri p abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PPDS.AR. 12-17 Iri p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang, video laryngoscope terbukti sangat membantu dalam tindakan intubasi terutama pada pasien kasus dengan difficult airway. Anestesiologi dan Reanimasi Surabaya telah menciptakan modifikasi video laryngoscope anestesia yang dapat merekam audio visual dengan harga yang jauh lebih murah. Video laryngoscope modifikasi ini telah sering digunakan pada tindakan intubasi namun belum ada penelitiannya. Metode penelitian berupa analitik experimental cross section menggunakan sampel pasien dewasa normal airway yang menjalani operasi elektif di GBPT RSUD dr. Soetomo. Penelitian dilakukan dengan cara melihat keefektifan waktu yang diperlukan untuk melihat plica vokalis dan lama intubasi pada video laryngoscope modifikasi anestesi, video laryngoscope C-MAC dan direct laryngoscope blade Macintosh. Hasil penelitian menunjukkan waktu yang diperlukan untuk menilai derajat Cormarck and Lehane dengan menggunakan video laryngoscope modifikasi anestesi, video laryngoscope C-MAC dan direct laryngoscope adalah sama. Namun waktu yang diperlukan untuk melakukan intubasi dengan menggunakan video laryngoscope modifikasi anestesi dan C-MAC menjadi lebih lama dibandingkan dengan direct laryngoscope. Kesimpulan intubasi pada pasien dengan normal airway lebih efektif dilakukan menggunakan direct laryngoscope. Intubasi menggunakan video laryngoscope modifikasi anestesi sama efektifnya dengan menggunakan video laryngoscope C-MAC pasien pasien dewasa dengan normal airway.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.AR. 12-17 Iri p
Uncontrolled Keywords: Video laryngoscope, intubasi, direct laryngoscope, normal airway
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM
Romy Media IriantoUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Pujo Semedi, dr., Sp. An. KICUNSPECIFIED
Thesis advisorAgustina Salinding, dr., Sp. An. KICUNSPECIFIED
Thesis advisorPesta Parulian Maurid Edwar, dr., Sp. AnUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Oct 2017 17:11
Last Modified: 29 Oct 2017 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64984
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item