NURAINI AL AULA, 111311133070 (2017) HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC STRESS DENGAN PROBLEMATIC INTERNET USE PADA MAHASISWA DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
Text (full text)
NURAINI AL AULA.compressed (1).pdf Restricted to Registered users only until 30 October 2020. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic stress dan problematic internet use pada mahasiswa di Surabaya. Penelitian ini penting dilakukan karena mahasiswa dengan academic stress yang menggunakan internet untuk melepaskan diri dari masalah akan menggunakan internet secara terus menerus hingga dirinya terhibur dan suasana hatinya menjadi lebih baik. Hal tersebut akan membuatnya menggunakan internet secara berlebihan sehingga beresiko mengalami problematic internet use. Penggunaan internet dengan berbagai fasilitas yang tersedia seharusnya disertai dengan kemampuan pengguna dalam mengelola dan memanfaatkan internet dengan bijak sesuai kebutuhan. Penelitian ini dilakukan kepada 99 mahasiswa di Surabaya dengan rentang usia 19-22 tahun yang menggunakan internet setidaknya 25 jam/minggu untuk kepentingan di luar pendidikan atau pekerjaan dan mengalami permasalahan fisik maupun psikososial karena penggunaan internet. Alat pengumpul data berupa kuisioner adaptasi Student-Life Stress Inventory yang dibuat oleh Gadzella (1994) dengan menggunakan teori dari Morris (1990) yang berjumlah 51 item dan Generalized Problematic Internet Use Scale 2 (GPIUS2) yang dibuat oleh Caplan (2010) yang berjumlah 15 item. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposif sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program SPSS 22.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara academic stress dengan problematic internet use pada mahasiswa di Surabaya. Koefisien korelasi sebesar 0,457 menunjukkan bahwa kekuatan korelasi antara kedua variabel tersebut adalah sedang, sehingga dapat diartikan bahwa academic stress memberikan dampak yang sedang terhadap problematic internet use pada mahasiswa. Selain itu, hubungan antara kedua variabel bersifat positif, artinya apabila nilai variabel academic stress semakin meningkat maka nilai variabel problematic internet use juga akan meningkat. Begitu juga sebaliknya, apabila nilai variabel academic stress semakin menurun maka nilai variabel problematic internet use juga akan menurun
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Psi 104/17 Aul h | ||||||
Uncontrolled Keywords: | academic stress, problematic internet use, mahasiswa | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2017 19:55 | ||||||
Last Modified: | 29 Oct 2017 21:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64995 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |