PENGEMBANGAN INDIKATOR DAN PENGUKURAN KESEHATAN SPIRITUAL PADA LANJUT USIA

RACHMAH INDAWATI, 101417087307 (2017) PENGEMBANGAN INDIKATOR DAN PENGUKURAN KESEHATAN SPIRITUAL PADA LANJUT USIA. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (full text)
DISERTASI RACHMAH INDAWATI 101417087307.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan indikator dan pengukuran kesehatan spiritual pada lanjut usia. Pengembangan indikator dilakukan pada masyarakat di kabupaten Lamongan sebesar 385 lansia dengan kriteria usia 60 tahun ke atas. Instrumen dirancang untuk menemukan konsep sehat secara spiritual didasarkan pada komponen dari spiritual dan tugas perkembangan di pertengahan kehidupan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesehatan spiritual merupakan model pengukuran yang valid dan reliabel. Instrumen ini terdiri dari 2 komponen yaitu makna hidup dan transenden. Makna hidup diukur dari 5 dimensi (cinta, harapan, keyakinan, kreatifitas dan damai) dan transenden diukur dari 3 dimensi (transenden kosmis, diri sendiri, sosial dan hubungan personal). Instrumen menghasilkan 18 indikator yang diperoleh dari semua dimensi. Cinta mempunyai 3 indikator (memberi, menerima dan pengorbanan), Harapan mempunyai 2 indikator (kehendak dan rencana), keyakinan mempunyai 2 indikator (iman dan percaya), kreatifitas mempunyai 2 indikator (karya kreatif dan pandangan terhadap ingkungan), damai mempunyai 2 indikator (dengan diri sendiri dan dengan orang lain), transenden kosmis mempunyai 3 indikator (ruang kehidupan, hidup dan mati, misteri kehidupan), diri sendiri mempunyai 1 indikator (ego integritas), sosial dan hubungan personal mempunyai 3 indikator (pandangan diri sendiri dan peran, kekayaan dan kebebasan, kebijakan). Total item yang dihasilkan sebanyak 43 item. Tingkat pengukuran kesehatan spiritual berada pada kategori sehat (51,7%), artinya lansia mempunyai nilai-nilai yang dapat menjadi sumber makna hidup dan mempunyai pandangan yang positif dalam proses penuaan. Instrumen kesehatan spiritual ini merupakan instrumen untuk mengukur kesehatan lansia dalam dimensi spiritual. Instrumen dapat digunakan di masyarakat atau di bagian perawatan lansia.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis.IK 27/17 Ind p
Uncontrolled Keywords: Indikator, sehat spiritual, makna hidup, transenden, lanjut usia
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Doktor Ilmu Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
RACHMAH INDAWATI, 101417087307UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKuntoro, Prof. H. , dr., MPH., Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:58
Last Modified: 30 Oct 2017 01:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65053
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item