ANALISIS KEPATUHAN DOKTER PENANGGUNG JAWAB PELAYANAN (DPJP) TERHADAP PENGISIAN RESUME MEDIS PASIEN BPJS BERDASARKAN TABLE OF ELEVEN (Studi di Instalasi Rawat Inap RSI Jemursari Surabaya)

AZIZAH ANISAFITRI, 101311133182 (2017) ANALISIS KEPATUHAN DOKTER PENANGGUNG JAWAB PELAYANAN (DPJP) TERHADAP PENGISIAN RESUME MEDIS PASIEN BPJS BERDASARKAN TABLE OF ELEVEN (Studi di Instalasi Rawat Inap RSI Jemursari Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 323-17 Ani a.pdf
Restricted to Registered users only until 31 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Resume medis merupakan ringkasan kegiatan pelayanan medis yang diberikan oleh Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) selama masa perawatan hingga pasien keluar baik dalam keadaan hidup maupun meninggal. Studi pendahuluan di RSI Jemursari menunjukkan adanya 86,67% berkas klaim BPJS yang tidak lengkap karena tidak terdapat resume medis. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepatuhan DPJP dalam pengisian resume medis berdasarkan dimensi table of eleven. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan rancang bangun observasional. Pengumpulan data menggunakan metode checklist pada 266 resume medis dan kuesioner kepada 35 DPJP. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas DPJP (57,10%) tergolong patuh dalam pengisian resume medis pasien BPJS di Instalasi rawat inap RSI Jemursari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 dimensi yang memiliki persepsi paling rendah. Pertama, rendahnya persepsi knowledge of rules diartikan bahwa mayoritas dokter belum familiar dan belum jelas dengan adanya peraturan yang mengatur tentang pengisian resume medis. Kedua, rendah nya persepsi cost or benefit dapat diartikan bahwa dokter merasa bahwa manfaat yang diterima lebih sedikit dibandingkan dengan usaha dan waktu yang dikeluarkan dalam pengisian resume medis. Ketiga, rendahnya persepsi selectivity dapat diartikan bahwa dokter merasa kurang dipantau dan diperhatikan jika pernah melakukan kesalahan atau pelanggaran dalam pengisian resume medis. Keempat, rendahnya persepsi risk of sanction dapat diartikan bahwa dokter kurang merasa berisiko mendapatkan sanksi jika melakukan kesalahan atau pelanggaran dalam pengisian resume medis. Kesimpulan penelitian ini adalah kepatuhan DPJP dapat ditingkatkan dengan meningkatkan persepsi knowledge of rules, cost or benefit, selectivity, dan risk of sanction. Sosialisasi terkait Juknis pengisian resume medis dan manfaat resume medis di era JKN dapat digunakan untuk menambah pengetahuan DPJP. Kelengkapan dan ketepatan waktu dalam pengisian resume medis dapat digunakan sebagai salah satu indikator penilaian kinerja DPJP di RSI Jemursari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 323-17 Ani a
Uncontrolled Keywords: Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP), Resume medis, Kepatuhan, Table of Eleven
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Jantung
Creators:
CreatorsNIM
AZIZAH ANISAFITRI, 101311133182UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 30 Oct 2017 21:57
Last Modified: 30 Oct 2017 21:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65200
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item