PENGEMBANGAN PERSONAL MASTERY BIDAN PONED DENGAN PENDEKATAN INTERPERSONAL SKILLS

Endah Purtiningtyas (2017) PENGEMBANGAN PERSONAL MASTERY BIDAN PONED DENGAN PENDEKATAN INTERPERSONAL SKILLS. Disertasi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak dis psdm 04 17.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
dis psdm 04 17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang. Angka Kematian Tinggi merupakan persoalan yang menjadi beban bidan sebagai ujung tombak penolong persalinan. Sebagai pendukung kinerja memiliki personal mastery menjadi keharusan bidan terutama sebagai anggota Poned. Sesuai dengan teori organisasi pembelajar personal mastery termasuk salah satu lima disiplin yang harus dikembangkan tidak hanya ditingkat pimpinan akan tetapi juga di level pelaksana kebijakan. Salah satu tahap mengembangkan personal mastery adalah meningkatkan kemampuan pribadi / skills. Skills juga termasuk salah satu faktor kompetensi yang berada pada posisi permukaan sehingga lebih mudah dikembangkan dibanding tiga faktor lainnya. Dengan meningkatkan skills diharapkan bisa meningkatkan personal mastery Metode. Penelitian dilaksanakan 2 tahap, rancangan observasional dengan survey kondisi lingkungan belajar dan skala personal mastery digunakan sebagai pijakan awal untuk menyusun sebuah draf modul. Modul disempurnakan dengan melakukan NFGD. Setelah modul selesai digunakan sebagai instrumen penelitian tahap II dengan metode eksperimen semu. Besar sampel 60 orang diambil dengan sistem purposif sampling dari populasi 191 orang bidan. Selanjutnya sampel dikelompokan menjadi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Hasil Penelitian. Menunjukan adanya peningkatan personal mastery setelah intervensi Ditemukan juga perbedaan yang signifikan personal mastery setelah intervensi antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Dari uji hubungan Nilai koefisien Determinasi yang diperoleh adalah 0.11 atau 11%, sehingga dapat dinyatakan bahwa Interpersonal skill memiliki pengaruh kontribusi sebesar 11% terhadap personal mastery Kesimpulan. Pelatihan dengan modul interpersonal skills bisa meningkatkan personal mastery yang signifikan. Hasil analisis regresi membuktikan bahwa peningkatan interpersonal skills berpengaruh terhadap peningkatan skala personal mastery responden Temuan Baru. Tersusunnya sebuah modul pengembangan personal mastery dengan pendekatan interpersonal skills. Peningkatan interpersonal skills berpengaruh terhadap peningkatan skala personal mastery Kata Kunci : Personal Mastery, Interpersonal Skill,

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis Psdm 04 17 Pur p
Uncontrolled Keywords: Personal Mastery, Interpersonal Skill,
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
Endah PurtiningtyasUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, Prof. Dr. H. , Drs, M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 30 Oct 2017 23:23
Last Modified: 30 Oct 2017 23:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65236
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item