PENGARUH LOGOTERAPI TERHADAP SELF EFFICACY DAN REGULASI TEKANAN DARAHPADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KALIJUDAN SURABAYA

Nita Tri Septiana, 131511123082 (2017) PENGARUH LOGOTERAPI TERHADAP SELF EFFICACY DAN REGULASI TEKANAN DARAHPADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KALIJUDAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 162-17 sep p Abstrak.PDF

Download (60kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 162-17 sep p Sec.PDF
Restricted to Registered users only until 2 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan:Hipertensi merupakan penyakit kronis yang dapat dikontrol melalui pengobatan dalam jangka panjang. Self efficacy sangat penting bagi pasien hipertensi untuk mencapai keberhasilan pengobatan. Logoterapi dapat digunakan untuk meningkatkan self efficacy melalui konseling penemuan makna hidup. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh logoterapi terhadap self efficacy dan regulasi tekanan darah pada pasien hipertensi. Metode:Penelitian ini menggunakan metode quasy-experimental pretest-posttest with control group design. Total populasi adalah 108 pasien hipertensi dengan teknik purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 30 responden. Variabel independen adalah logoterapi dan variabel dependen adalah self efficacy dan regulasi tekanan darah. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner self efficacy dan lembar observasi tekanan darah. Analisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Mann Whitney Test dengan nilai α=0,05. Hasil:Terdapat perbedaan self efficacy sebelum dan sesudah logoterapi pada kelompok perlakuan, tetapi tidak terdapat perbedaan self efficacy pada kelompok kontrol. Terdapat perbedaan regulasi tekanan darah sistolik dan tekanan dan diastolik sebelum dan sesudah logoterapi pada kelompok perlakuan, tetapi tidak terdapat perbedaan regulasi tekanan darah sistolik dan diastolik pada kelompok kontrol. Terdapat perbedaan kelompok perlakuan dan kontrol: self efficacy (p=0,038), regulasi tekanan darah sistolik (p=0,006), dan tekanan darah diastolik (p=0,032). Diskusi:Logoterapi dapat meningkatkan self efficacy dan memperbaiki regulasi tekanan darah, sehingga perawat dapat memberikan logoterapi kepada pasien hipertensi dengan cara door to door atau konseling rutin di Puskesmas.Penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian pada penyakit kronis lainnya dengan mengontrol faktor perancu self efficacy dan menambahkan frekuensi pertemuan sesi logoterapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.162/17 Sep p
Uncontrolled Keywords: logoterapi, self efficacy, regulasi tekanan darah, hipertensi
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Nita Tri Septiana, 131511123082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEka Misbahatul, M.Has, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Thesis advisorHerdina Mariyanti, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Dec 2017 00:15
Last Modified: 29 Dec 2017 00:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65537
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item