KEHIDUPAN ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN BIDADARI YANG MENGEMBARA KARYA A.S. LAKSANA: TINJAUAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE

RAINI NUR APRIJIANTI, 121311133024 (2017) KEHIDUPAN ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN BIDADARI YANG MENGEMBARA KARYA A.S. LAKSANA: TINJAUAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 64-17 Apr k Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 64-17 Apr k Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Kehidupan Anak dalam Kumpulan Cerpen Bidadari yang Mengembara Karya A.S. Laksana: Tinjauan Semiotika Charles Sanders Peirce” ini bertujuan untuk mengkaji struktur kumpulan cerpen Bidadari yang Mengembara dan menafsirkan tanda-tanda yang merujuk pada kehidupan anak dalam kumpulan cerpen Bidadari yang Mengembara. Berbagai isu kehidupan muncul dengan beberapa gejala dan perkembangan zaman. Seperti halnya isu kenakalan remaja yang seakan-akan tidak pernah surut. Proses kehidupan anak pun tidak luput dari sebuah bentuk perhatian. Objek penelitian ini menggunakan tujuh cerpen dari kumpulan cerpen Bidadari yang Mengembara Karya A.S. Laksana yang juga membahas mengenai isu serupa. Penelitian ini memanfaatkan teori semiotika Charles Sanders Peirce dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang menekankan pada analisis isi. Pada objek penelitian ditemukan beberapa bentuk kehidupan yang dialami oleh anak melalui tanda-tanda yang disembunyikan dalam teks. Berdasarkan penelitian yang ditemukan, diketahui bahwa peran orang tua dalam proses perkembangan anak dirasa begitu penting. Di dalam teks, muncul perilaku terkait dengan moralitas terhadap seorang anak ketika perhatian dan kasih sayang tidak tercurahkan dengan maksimal. Lebih jauh, pendidikan kedisiplinan beserta pendidikan seksual dianggap pula sebagai hal penting dalam pembentukan karakter dan perilaku seorang anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BI.64/17 Apr k
Uncontrolled Keywords: semiotika, kehidupan anak, indeksikal, moralitas, cerpen.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
RAINI NUR APRIJIANTI, 121311133024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdi Setijowati, Dra. , M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Dec 2017 00:27
Last Modified: 29 Dec 2017 00:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65553
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item