Corak Majapahitan pada Kerajinan Patung Cor Kuningan : Analisis Makna dan Fungsi bagi Masyarakat Desa Bejijong Trowulan Mojokerto

Ahmad Dwickky Zakaria, 121211133056 (2017) Corak Majapahitan pada Kerajinan Patung Cor Kuningan : Analisis Makna dan Fungsi bagi Masyarakat Desa Bejijong Trowulan Mojokerto. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 69-17 Zak c Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 69-17 Zak c Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan bentuk folkor berupa kerajinan patung cor kuningan corak Majaphitan yang terdapat di desa Bejijong Trowulan Mojokerto yang disertai dengan pengungkapan makna patungnya dan fungsi kerajinan bagi masyarakatnya. Penelitian ini kedepannya bertujuan untuk menambah inventarisasi folklor yang ada di Jawa Timur dan secara tidak langsung dapat digunakan sebagai perlindungan terhadap kerajinan ini jika disuatu saat nanti akan terjadi kepunahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field work) dengan ancangan kegiatan pra penelitian, penelitian (eksekusi), dan penyusunan teks folklor guna pendokumentasian. Landasan teori yang digunakan adalah teori folklor sebagai teori utama dan termasuk didalamnya teori fungsi folklor, serta ditambahkan teori pendekatan semiotik sebagai alat bantu mengungkapkan fungsi yang terkandung dalam patungnya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kerajinan patung cor kuningan corak Majaphitan yang terdapat di desa Bejijong merupakan implementasi dari kebudayaan Majapahit pada masa lampau dibuktikan dengan corak patung yang dihasilkan memiliki kesamaan pada era zaman Majapahit, (2) setiap motif patungnya memiliki makna, dan (3) kerajinan memiliki fungsi bagi masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BI.69/17 Zak c
Uncontrolled Keywords: folklor, semiotik, patung, kerajinan Majapahit.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Ahmad Dwickky Zakaria, 121211133056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisna Kumala Satya Dewi, Dr. , M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 01 Jan 2018 16:36
Last Modified: 01 Jan 2018 16:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item