PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN IMPLIKATUR PERCAKAPAN GRICE DALAM SITKOM TETANGGA MASA GITU DI NET MEDIATAMA: KAJIAN PRAGMATIK

Ainur Rahmah Hidayati, 121311133107 (2017) PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN IMPLIKATUR PERCAKAPAN GRICE DALAM SITKOM TETANGGA MASA GITU DI NET MEDIATAMA: KAJIAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 74-17 Hid p Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 74-17 Hid p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2020.

Download (974kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tayangan Tetangga Masa Gitu merupakan sitkom yang menampilkan kehidupan sehari-hari 2 pasangan suami istri yang tinggal dalam satu kompleks dan hidup bertetangga. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bentuk pelanggaran prinsip kerja sama dalam tuturan tayangan sitkom Tetangga Masa Gitu di NET Mediatama dan (2) mendeskripsikan bentuk implikatur percakapan dalam tuturan tayangan sitkom Tetangga Masa Gitu di NET Mediatama. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan kajian pragmatik, teori yang digunakan adalah prinsip kerja sama dan implikatur percakapan Grice. Percakapan di dalam sitkom yang disampaikan pemainnya dengan melakukan pelanggaran prinsip kerja sama menimbulkan implikatur percakapan. Implikatur percakapan adalah teori yang dikemukakan oleh Grice dengan tujuan untuk memperhitungkan apa yang dimaksud oleh penutur sebagai hal yang berbeda dari apa yang dinyatakan secara harfiah. Hasil analisis, dari empat episode ditemukan dua puluh lima pelanggaran terhadap prinsip kerja sama yang mengandung implikatur percakapan. Tuturan para pemain sitkom tayangan Tetangga Masa Gitu melanggar prinsip kerja sama dan mengandung implikatur percakapan. Para pemain sitkom tayangan Tetangga Masa Gitu melakukan penyimpangan empat maksim, yakni maksim kualitas, maksim kuantitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan. Tuturan para pemain sitkom tayangan Tetangga Masa Gitu mengandung beberapa macam implikatur percakapan yaitu merahasiakan maksud, menyangkal, menolak memberi jawaban, menyatakan gurauan, menghindar, menyindir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BI.74/17 Hid p
Uncontrolled Keywords: pragmatik, pelanggaran prinsip kerja sama, implikatur, tuturan, sitkom tetangga masa gitu
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Ainur Rahmah Hidayati, 121311133107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Wayan Sartini, Dr. , S. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 01 Jan 2018 16:45
Last Modified: 01 Jan 2018 16:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item