IMPLEMENTASI PERALIHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN : PROSES DAN DAMPAKNYA (STUDI KASUS DI KOTA BLITAR)

IRMA DEVIANA PUTRI, 041311333198 (2017) IMPLEMENTASI PERALIHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN : PROSES DAN DAMPAKNYA (STUDI KASUS DI KOTA BLITAR). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 341-17 Hen p Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 341-17 Hen p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang peralihan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dari pajak pusat menjadi pajak daerah ini bertujuan untuk menggambarkan secara detail dan mencari tahu lebih mendalam tentang bagaimana peralihan PBB-P2 ini dipersiapkan dan diimplementasikan beserta kendala yang dihadapi, dan dampak yang dihasilkan oleh pemerintah daerah Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang memiliki karakteristik eksploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses peralihan PBB-P2 di Kota Blitar berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku, meskipun terdapat beberapa kendala, seperti kurangnya sumber daya manusia dan adanya moratorium pegawai. Dampak positif yang dihasilkan dalam peralihan ini adalah meningkatnya pendapatan asli daerah dan muatan lokal daerah, sedangkan dampak negatifnya adalah seluruh biaya operasional pengelolaan PBB-P2 ditanggung oleh daerah tanpa bantuan pemerintah pusat. Analisis kontribusi PBB-P2 terhadap PAD termasuk sangat kurang dibandingkan dengan komponen PAD lainnya, meskipun begitu penerimaan PBB-P2 merupakan penerimaan pajak daerah terbesar dibanding dengan pajak daerah lain. Peralihan ini dinilai telah sangat efektif diimplementasikan di Kota Blitar dinilai dari penerimaan pajak yang diterima selalu melebihi target yang ditetapkan oleh BPKAD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A.341/17 Hen p
Uncontrolled Keywords: implementasi, dampak, peralihan, pajak bumi dan bangunan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2321-2323 Tax incidence. Tax shifting. Tax equity
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
IRMA DEVIANA PUTRI, 041311333198UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMurdiyati Dewi, Dra. , M.Si., Ak., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 01 Jan 2018 18:04
Last Modified: 01 Jan 2018 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65668
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item