IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) CONFINED SPACE DI PT PAL INDONESIA

RISTYA NOOR ZUBAIDAH, 151411713035 (2017) IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) CONFINED SPACE DI PT PAL INDONESIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.HKK.37 17 Zub i.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.HKK.37 17 Zub i.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. PAL Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang industri galangan kapal dan Non Kapal. Sehingga dalam pelaksanaan pekerjaannya sering berhubungan dengan confined space. Confined space adalah ruang dimana dapat dimasuki seorang pekerja, mempunyai keterbatasan dalam jalur masuk maupun keluar, memiliki ventilasi (alami)nya buruk, dan tidak didesain untuk dilakukan pekerjaan terus-menerus. Keselamatan dan Kesehatan Kerja confined space khusus pada pekerjaan kapal mempunyai standar pelaksanaan yang diatur didalam OSHA 29 CFR 1915 Subpart B – Confined and Enclosed Spaces and Other Dangerous Atmospheres in Shipyard Employment. Pelaksanaan pekerjaan confined space sesuai standar yang diatur akan lebih akurat untuk digunakan dalam mencegah kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan K3 confined space di PT PAL Indonesia serta kesesuaian pelaksanaan tersebut dengan OSHA 29 CFR 1915 Subpart B – Confined and Enclosed Spaces and Other Dangerous Atmospheres in Shipyard Employment. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan secara cross sectional. Variabel yang diteliti yaitu safety performance berupa pelatihan untuk pekerja yang masuk dalam confined space, tim penyelamat, pertukaran informasi dengan perusahaan lain, pengujian sebelum memasuki confined space, persyaratan pada pekerjaan dingin, persyaratan pada pekerjaan panas, pemeliharaan kondisi aman, serta tanda dan label peringatan. Penilaian juga dilakukan pada prosedur confined space berdasarkan safety performance tersebut.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.37/17 Zub i
Uncontrolled Keywords: confined space, galangan kapal, prosedur
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
RISTYA NOOR ZUBAIDAH, 151411713035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNeffrety Nilamsari, dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Nov 2017 23:50
Last Modified: 02 Nov 2017 23:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65743
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item