LATIHAN KESEIMBANGAN BERDIRI PADA PASIEN STROKE DENGAN METODE MOTOR RELEARNING PROGRAMME

Nautisian Rais Yahmisanto, 151410213055 (2017) LATIHAN KESEIMBANGAN BERDIRI PADA PASIEN STROKE DENGAN METODE MOTOR RELEARNING PROGRAMME. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.14.17 . Yah.l - ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.14.17 . Yah.l - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (766kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut WHO, stroke adalah ganggguan fungsional otak fokal maupun global secara mendadak dan akut yang berlangsung lebih dari 24 jam akibat gangguan aliran darah otak. Stroke merupakan penyebab kematian ketiga di negara maju, setelah penyakit jantung dan kanker. Insidensi tahunannya adalah dua per 1.000 populasi. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes RI tahun 2013 menunjukkan telah terjadi peningkatan prevalensi stroke di Indonesia dari 8,3 per mil (tahun 2007) menjadi 12,1 per mil (tahun 2013). Prevalensi penyakit Stroke tertinggi di Sulawesi Utara (10,8per mil), Yogyakarta (10,3 per mil), Bangka Belitung (9,7 per mil) dan DKI Jakarta (9,7 per mil). Pasien stroke akan mengalami banyak gangguan-gangguan yang bersifat fungsional. Gejala stroke dapat bersifat fisik, psikologis, dan atau perilaku. Gejala fisik paling khas adalah hemiparalisis, kelemahan, hilangnya sensasi pada wajah, lengan atau tungkai di salah satu sisi tubuh, kesulitan berbicara dan aau memahami (tanpa gangguan pendengaran), kesulitan menelan dan hilangnya sebagian penglihatan di satu sisi. Pasien stroke juga akan mengalami berbagai gangguan keseimbangan. Gangguan keseimbangan pada stroke berhubungan dengan ketidakmampuan untuk mengatur perpindahan berat badan dan kemampuan gerak otot yang menurun sehingga keseimbangan tubuh menurun. Salah satu metode yang cocok digunakan dalam penanganan gangguan fungsi motorik, gangguan koordinasi dan keseimbangan dalam melakukan aktifitas fungsional sehari–hari adalah Motor Relearning Programme. Motor Relearning Programme merupakan metode untuk melatih kembali kontrol motorik berdasarkan pemahaman kinematik dan kinetik gerakan normal, kontrol gerakan dan latihan motorik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.FST.14/17 Yah l
Uncontrolled Keywords: Stroke, keseimbangan berdiri, latihan keseimbangan pada pasien stroke.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Nautisian Rais Yahmisanto, 151410213055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Subadi, Dr., dr., Sp.KFR (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorBambang Budi, SST.Ft.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:37
Last Modified: 22 Jan 2018 21:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65805
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item