LATIHAN PENGUATAN OTOT QUADRICEP, HAMSTRING DAN ABDUKTOR HIP PADA OSTEOARTHRITIS LUTUT

Nino Andina, 151410213011 (2017) LATIHAN PENGUATAN OTOT QUADRICEP, HAMSTRING DAN ABDUKTOR HIP PADA OSTEOARTHRITIS LUTUT. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.16.17 . And.l - ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.16.17 . And.l - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Osteoarthritis lutut merupakan suatu penyakit yang dimulai dari kartilago hialin sendi lutut, dimana terjadi pembentukan osteophite pada tulang rawan sendi lutut dan jaringan subchondral yang menyebabkan penurunan elastisitas dari sendi lutut. Pada umumnya gambaran klinis osteoarthritis lutut berupa nyeri sendi lutut, terutama bila sendi lutut menumpu beban, yang akan berkurang bila penderita beristirahat. Otot disekitar sendi lutut yang terkena osteoarthritis sering mengalami atrofi dan penurunan kekuatan otot serta fungsi. Penurunan fungsi otot selanjutnya dapat menurunkan kemampuan fungsional penderita. Terdapat tiga jenis latihan penguatan menurut kontraksi otot yang terjadi yaitu latihan isometrik, isotonik, dan isokinetik. Menurut penelitian Faisal tahun 2016 tentang perbedaan pengaruh pemberian latihan isotonik dan latihan isometrik terhadap peningkatan kemampuan fungsional pada osteoarthritis genu menyebutkan bahwa latihan isotonik lebih memiliki peran besar untuk mengurangi nyeri, meningkatkan kekuatan otot serta meningkatkan kemampuan fungsional pada pasien osteoarthritis lutut. International Journal of Therapies and Rehabilitation Research tahun 2015 menyatakan bahwa latihan isotonik quadricep dan hamstring baik untuk mengurangi nyeri. Jurnal American Physical Therapy Association menyebutkan bahwa latihan penguatan pada abduktor hip dapat menurunkan intensitas nyeri pada penderita osteoarthritis. Setelah dilakukan latihan penguatan otot quadricep, hamstring dan abduktor hip selama enam kali pertemuan, hasil akhir yang didapatkan yaitu sudah tidak ada nyeri diam dan nyeri tekan pada lutut, berkurangnya nyeri gerak pada lutut kanan dan kiri, tidak ada kelemahan otot quadricep, hamstring kanan dan kiri, masih ada kelemahan kekuatan otot abduktor hip kanan dan kiri, serta peningkatan kemampuan fungsional yang diukur dengan skala jette.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.16/17 And l
Uncontrolled Keywords: Osteoarthritis lutut, latihan penguatan, quadricep, hamstring, abduktor hip
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Nino Andina, 151410213011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPatricia Maria K, dr., Sp. KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorMuh. Aziiz Sukma W, S.Tr.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:52
Last Modified: 29 Dec 2017 03:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65807
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item