PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA KASUS LUKA BAKAR FASE PENYEMBUHAN

ADITYA VEGA SINARTA, 151410213052 (2017) PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA KASUS LUKA BAKAR FASE PENYEMBUHAN. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.18.17 . Sin.p - ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.18.17 . Sin.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Luka bakar adalah suatu kondisi karena rusaknya atau hilangnya jaringan kulit yang disebabkan oleh kontak dengan sumber panas seperti kobaran api, jilatan api, terkena air panas, tersentuh benda panas, akibat sengatan listrik, akibat bahan-bahan kimia, serta sengatan matahari. Kedalaman luka bakar tergantung dari penyebab dan lamanya paparan. Waktu penyembuhan dipengaruhi oleh kedalaman dan komplikasi yang menyertai. Terapi latihan adalah suatu tindakan dalam fisioterapi yang sistematis untuk mempercepat penyembuhan dari suatu nyeri atau penyakit yang pelaksanaannya menggunakan gerakan tubuh baik secara aktif maupun pasif. Pada kasus luka bakar terapi latihan mempunyai peranan penting untuk mengatasi masalah pernafasan, gangguan elastisitas kulit dan jaringan, penurunan kekuatan otot, penurunan luas gerak sendi, daya tahan dan gangguan ambulasi. Pada studi kasus dengan pasien luka bakar grade II AB 22,5 % et causa api hari ke-11, didapatkan problem penurunan kekuatan otot, penurunan LGS, dan gangguan ambulasi. Pasien diberi terapi latihan berupa latihan luas gerak sendi, latihan penguatan, latihan pernafasan, latihan ambulasi, dan keseimbangan selama lima pertemuan, didapatkan peningkatan yang signifikan yaitu kemampuan ambulasi mandiri.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.18/17 Sin p
Uncontrolled Keywords: Luka Bakar, Terapi Latihan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
ADITYA VEGA SINARTA, 151410213052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Putu Alit Pawana, dr.,Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorFransiskalina Erfarenata, STr.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:57
Last Modified: 29 Dec 2017 03:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65810
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item