PENGGUNAAN BAHASA DALAM KELUARGA PERKAWINAN CAMPURAN JAWA-BATAK DI KELURAHAN MOJO KECAMATAN GUBENG SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Wihta Prihastuti, 121311133115 (2017) PENGGUNAAN BAHASA DALAM KELUARGA PERKAWINAN CAMPURAN JAWA-BATAK DI KELURAHAN MOJO KECAMATAN GUBENG SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 85-17 Pri p Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 85-17 Pri p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penggunaan Bahasa dalam Keluarga Perkawinan Campuran Jawa-Batak di Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Surabaya: Suatu Kajian Sosiolinguistik” bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang penggunaan bahasa dari segi keluarga perkawinan antaretnis Jawa dan etnis Batak di Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Surabaya (2) memberikan gambaran kepada masyarakat terhadap penggunaan bahasa keluarga perkawinan campuran , bagaimana mereka berinteraksi antara suami-istri ataupun orangtuaanak agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi (3) Mengenalkan pembaca maupun masyarakat mengenai penggunaan bahasa melalui faktor kebahasaan dalam keluarga perkawinan campuran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan atau observasi yang disertai dengan teknik catat yang berupa kuisioner dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa penggunaan bahasa Keluarga Perkawinan Campuran berbeda-beda (bervariasi), yaitu bahasa Jawa, bahasa Indonesia, bahasa Jawa- Indonesia, bahasa Jawa-Batak, bahasa Indonesia-Batak. Penutur Jawa maupun Batak lebih aktif menggunakan bahasa Jawa dengan interaksi suami-istri maupun orangtua-anak. Namun, dalam situasi tertentu penutur Batak menggunakan bahasa bahasa campuran yaitu bahasa Batak dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa Jawa dengan bahasa Indonesia. Hal tersebut juga tidak terlepas dari faktor-faktor yang melatarbelakangi penggunaan bahasa tersebut, yaitu faktor-faktor sosial dan situasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BI.85/17 Pri p
Uncontrolled Keywords: penggunaan bahasa, perkawinan campuran, kajian sosiolinguistik
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Wihta Prihastuti, 121311133115UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTubiyono, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 01 Jan 2018 19:59
Last Modified: 01 Jan 2018 19:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item