TEKNIK PROPRIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FACILITATION DENGAN METODE RHYTMICAL STABILIZATION PADA PENDERITA FROZEN SHOULDER

Lathifi Shafiyuddin, 151410213035 (2017) TEKNIK PROPRIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FACILITATION DENGAN METODE RHYTMICAL STABILIZATION PADA PENDERITA FROZEN SHOULDER. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.36.17 . Sha.t - ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.36.17 . Sha.t - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Frozen shoulder adalah kekakuan sendi glenohumeral yang diakibatkan oleh jaringan non-kontraktil atau gabungan antara jaringan nonkontraktil dan kontraktil yang mengalami fibroplasia. Baik gerakan pasif maupun aktif terbatas dan nyeri. Pada gerakan pasif, mobilitas terbatas pada pola kapsular yaitu rotasi eksternal paling terbatas, diikuti dengan abduksi dan rotasi internal. Rhytmical stabilization (stabilisasi ritmis) digunakan sebagai peningkatan pada alternating isometric dan dirancang untuk meningkatkan stabilitas melalui ko-kontraksi otot stabilisator proksimal trunk serta daerah gelang bahu dan pelvis. Rhytmical stabilization biasanya dilakukan dalam posisi menumpu beban untuk menggabungkan aproksimasi sendi ke dalam prosedur, sehingga memfasilitas ko-kontraksi lebih lanjut. Terapis mengaplikasikan tahanan ke berbagai arah, bukan hanya satu arah, dengan kontak manual pada sisi tubuh yang berlawanan sementara pasien menahan posisi tertentu. Beberapa kelompok otot di sekitar sendi terutama otot rotator harus berkontraksi untuk mempertahankan posisi. Pada studi kasus ini didapatkan latihan PNF metode Rhytmical Stabilization dilakukan sebanyak lima kali pertemuan. Didapatkan hasil perubahan pada luas gerak sendi, yang awalnya pasien mengalami keterbatasan, dan nyeri pada bahu lebih berkurang daripada sebelumnya. Untuk memaksimalkan program latihan tersebut diperlukan kerja sama antara fisioterapis dan penderita sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.36/17 Sha t
Uncontrolled Keywords: Frozen shoulder, Rhytmical stabilization
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Lathifi Shafiyuddin, 151410213035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNuniek Nungraheni S, dr., Sp.KFR-K.UNSPECIFIED
Thesis advisorKajad, SST FTUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 14:59
Last Modified: 29 Dec 2017 14:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65856
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item