PROSEDUR PEMBUATAN RESTORASI ALL CERAMIC BERBAHAN LITHIUM DISILICATE DENGAN TEKNIK PRESSING DAN CAD/CAM

ZUHDIYA AZZAHRO, 151410513031 (2017) PROSEDUR PEMBUATAN RESTORASI ALL CERAMIC BERBAHAN LITHIUM DISILICATE DENGAN TEKNIK PRESSING DAN CAD/CAM. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.TKG.31 17 Azz p.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.TKG.31 17 Azz p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2020.

Download (752kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatnya permintaan pasien terhadap restorasi gigi dengan estetik dan anatomi yang baik menjadikan restorasi all ceramic sebagai pembaruan dari restorasi metal ceramic. Restorasi all ceramic dapat dibuat dengan teknik pressing dan CAD/CAM. Tujuan : Untuk mengetahui prosedur pembuatan restorasi all ceramic berbahan lithium disilicate dengan teknik pressing dan CAD/CAM. Tinjauan Pustaka : Hasil restorasi yang baik adalah restorasi yang mempunyai marginal fit yang bagus artinya memiliki estetik yang baik baik warna ataupun bentuk anatomi, dapat berfungsi secara optimal, tidak menimbulkan keluhan ketika restorasi dipasang di rongga mulut. Marginal fit merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan klinis dari suatu restorasi. Marginal fit yang buruk dari restorasi all ceramic dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan jaringan periodontal. Marginal fit yang tidak tepat akan menyebabkan kegagalan dari suatu restorasi gigi. Beberapa metode telah diciptakan untuk pembuatan restorasi all ceramic berbahan lithium disilicate dengan teknik pressing dan CAD/CAM. Kesimpulan : Marginal fit yang baik (marginal gap kecil dan dapat diterima secara klinis) dapat di peroleh dengan prosedur pembuatan restorasi all ceramic berbahan lithium disilicate dengan teknik pressing dan CAD/CAM, jika operator melakukan teknik pembuatan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, mempunyai skill yang memadai dan peralatan yang berfungsi secara optimal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK-2 FV.TKG.31/17 Azz p
Uncontrolled Keywords: Prosedur Pembuatan, Restorasi, All Ceramic, Lithium Disilicate, Teknik Pressing, CAD/CAM, Marginal fit.
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB1572-1690 Courts and procedure
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Teknik Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ZUHDIYA AZZAHRO, 151410513031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEny Inayati, drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorSri Wahjuni, drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Nov 2017 19:14
Last Modified: 06 Nov 2017 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item